Cara Cek Versi PHP Di XAMPP

Kali ini saya akan berbagi tutorial yaitu cara cek versi PHP di XAMPP. Namun sebelumnya kita bahas dulu apa tujuan dari cek versi PHP ini. Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah kode PHP yang akan kita tulis sudah didukung oleh versi PHP yang sedang kita gunakan atau belum. Karena setiap rilis versi PHP baru biasanya terdapat fitur-fitur baru dan bisanya juga menambahkan fungsi-fungsi tertentu pada PHP. Untuk itu sangat penting sebelum kita menulis kode mengetahui versi PHP yang sedang kita gunakan terlebih dahulu, dengan tujuan untuk menghindari error karena belum didukung oleh PHP yang sedang kita gunakan.

Cara Cek Versi PHP Di XAMPP

Cara Cek Versi PHP

Untuk cara cek versi PHP caranya sangat mudah, kamu cukup menuliskan function (fungsi) php yaitu phpinfo();. Dengan menuliskan fungsi tersebut pada kode PHP maka ketika kode dijalankan akan menampilkan versi PHP yang sedang digunakan, selain itu juga memunculkan menampilkan berbagai informasi PHP yang sedang kita gunakan. Untuk lebih jelas tentang cara ini silakan tulis contoh kode PHP dibawah dengan menggunakan text editor kesukaan kamu, misalnya seperti Notepad, Notepad++, VS Code, atau sebagainya.

Setelah kode diatas ditulis kemudian simpan dengan nama phpinfo.php pada folder htdocs kamu, pada contoh ini saya menyimpannya pada directory C:\xampp\htdocs\CaraKode. Setelah itu jalankan XAMPP kamu dan kemudian jalankan file php yang sudah kamu buat diatas. Apabila kamu menyimpannya pada directory yang sama dengan contoh ini maka untuk menjalankannya silakan akses url localhost/carakode/phpinfo.php pada browser, maka akan tampil seperti contoh gambar dibawah ini.

Gambar Hasil Contoh Kode Cara Cek Versi PHP Di XAMPP

Pada contoh gambar diatas terdapat banyak sekali informasi tentang PHP yang sedang digunakan. Untuk versi PHP terdapat bagian paling atas (bagian yang ditulis dengan huruf besar), pada contoh ini versi PHP yang sedang saya gunakan adalah versi 5.6.30 (PHP Version 5.6.30).

Cara ini juga dapat kamu gunakan untuk cek versi php di Ubuntu, web hosting cpanel, php server linux atau server windows. Caranya mirip yaitu membuat file php yang didalamnya terdapat fungsi phpinfo(); seperti contoh kode diatas. Dan file php ini disimpan pada directory www, public_html, htdocs, atau sebagainya. Yang intinya file php tersebut dapat diproses oleh server php dan dapat diakses melalui internet.

Saya rasa untuk penjelasan cara cek versi php di XAMPP ini cukup jelas, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi seri tutorial PHP dasar yang mungkin ada tutorial menarik buat kamu pelajari.


Kolom Komentar

Related Post