Cara Format Dan Menampilkan Waktu Di PHP

Cara Menampilkan Waktu Di PHP

Pada seri sebelumnya kita sudah belajar tentang require dan include, kemudian pada seri ini kita akan belajar PHP dasar lebih mendalam lagi yaitu tentang cara format dan menampilkan waktu di PHP. Karena sudah kita ketahui bersama penulisan waktu itu cukup penting apalagi didalam beberapa struktur data yang terdapat didalam data base, pasti kita sangat memerlukan data waktu misalnya kapan dibuat, kapan diubah, dan lain sebagainya.

Menampilkan Waktu Di PHP

Untuk menampilkan waktu di PHP kita dapat menggunakan function time(). Function time() ini merupakan function yang dibuat oleh pengembang PHP, jadi kita tinggal menggunakannya saja. Dan fungsi time() akan mengembalikan nilai angka (integer). Ketika kamu menggunakan function ini maka akan menghasilkan angka waktu sekarang yang sulit kita mengerti, misalnya seperti contoh kode dibawah ini :

Dari contoh kode diatas maka akan menghasilkan angka waktu sekarang yang sulit kita mengerti, seperti gambar dibawah ini :

Gambar Hasil Contoh Kode Menampilkan Waktu Di PHP

Angka tersebut akan terus berubah sesuai waktu yang berjalan, menurut penjelasan yang ada di http://php.net/manual/en/function.time.php, perhitungan tersebut dimulai dari perhitungan waktu Unix Epoch (January 1 1970 00:00:00 GMT). Saya juga kurang tahu Unix Epoch itu apa, intinya disini kita hanya ingin belajar menampilkan waktu di PHP saja (supaya pembahasan tidak melebar 😀 ).

Format waktu di PHP

Karena ketika menampilkan waktu dengan menggunakan function time() waktu yang dihasilkan sulit dibaca, maka dari itu supaya mudah dibaca kita memerlukan untuk memformat waktu tersebut. Untuk memformatnya kamu bisa menggunakan function date(). Fungsi date() ini bisa memiliki 2 buah argumen, argumen pertama yaitu format waktu yang ditampilkan, dan argumen yang kedua merupakan time (timestamp) yang akan diformat. Untuk argumen time kita bisa menggunakan hasil dari function time() yang sudah kita pelajari diatas. Dan untuk argumen format date kita bisa lihat tabel karakter format waktu di PHP yang ada dibawah ini :

Gambar Tabel Simbol (karakter) Waktu PHP

Tabel format karakter waktu diatas hanya saya tulis yang sering digunakan saja, supaya mempermudah untuk kamu pahami. Apabila kamu ingin lihat karakter format waktu di PHP secara lengkap, kamu dapat melihat di http://php.net/manual/en/function.date.php.

Sekarang kita akan menulis kode untuk memformat waktu di PHP, waktu yang akan kita format dari hasil function time() yang sudah kita pelajari diatas. Dan berikut adalah contoh kodenya :

Dari contoh kode diatas maka akan menampilkan waktu seperti gambar dibawah ini :

Gambar Hasil Contoh Kode Format Waktu Di PHP - 1

Coba hasil waktu yang dihasilkan dari PHP kamu bandingkan waktu yang ada di PC atau laptop yang sedang kamu gunakan.

Contoh Gambar Membandingkan Waktu

Apabila waktu tidak sesuai biasanya xampp saat pertama kali di install menggunakan timezone tertentu (bukan Jakarta). Maka dari itu kamu perlu merubah settingan timezone pada xampp kamu menjadi “Asia/Jakarta“. Caranya silakan buka file php.ini di Notepad++ yang ada di direktori C:\xampp\php\php.ini. Caranya klik kanan pada file php.ini kemudian pilih Edit with Notepat++.

Contoh Gambar Merubah Tiimezone Xampp - 1

Setelah file php.ini terbuka di Notepad++ selanjutnya cari “date.timezone” (tanpa tanda kutip) di dalam file tersebut. Supaya lebih mudah kamu dapat menggunakan fitur find yang ada di Notepad++, caranya tekan tombol keyboard Ctrl + F secara bersamaan. Kemudian paste “date.timezone” pada form pencarian. Kemudian klik tombol Find Next sampai ketemu seperti gambar dibawah ini :

Contoh Gambar Merubah Tiimezone Xampp - 2

Pada gambar diatas terlihat timezone di xampp saya di “Europe/Berlin“, yang harus dilakukan yaitu ganti date.timezone=Europe/Berlin menjadi date.timezone=Asia/Jakarta.

Contoh Gambar Merubah Tiimezone Xampp - 3

Selanjutnya stop dan start (restart) Apache xampp kamu.

Contoh Gambar Merubah Tiimezone Xampp - 4

Kemudian jalankan kembali kode yang sudah ditulis sebelumnya, maka waktu yang dihasilkan oleh PHP akan sesuai yang terdapat pada PC kamu.

Contoh Gambar Merubah Tiimezone Xampp - 5

Pada contoh kode sebelumnya penggunaan function date() menggunakan 2 buah argumen. Penggunaan function date() ini juga bisa hanya menggunakan satu argumen saja, yaitu argumen format waktu. Apabila kamu hanya menggunakan sebuah argumen maka function tersebut akan menampilkan waktu sekarang.

Contoh penggunaan function date() satu argumen seperti contoh kode ini :

Dari contoh diatas maka akan tampil seperti ini :

Gambar Hasil Menampilkan Waktu Di PHP Dengan Function Date

Saya rasa cukup jelas untuk penjelasan mengenai cara format dan menampilkan waktu di PHP ini, dan supaya lebih paham silakan coba-coba sendiri menggunakan karakter simbol waktu lainnya. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan sampaikan dikolom komentar dibawah. Serta apabila kamu baru menemukan seri PHP dasar yang ada di webiste ini, kamu dapat mengunjungi list seri tutorial belajar PHP dasar yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post