Cara Install IntelliJ IDEA Di Windows 10

Pada tutorial cara install IntelliJ IDEA di Windows 10 ini merupakan bagian dari seri tutorial belajar kotlin dasar bahasa Indonesia. Cara mudah untuk belajar kotlin yaitu menggunakan IntelliJ IDEA. IntelliJ IDEA merupakan IDE (Integrated Development Environment), yaitu semacam text editor yang digunakan untuk menulis bahasa pemrograman yang memiliki banyak fitur canggih. IntelliJ IDEA sebenarnya bukan hanya digunakan untuk menulis bahasa pemrograman Kotlin saja, namun juga bisa digunakan untuk menulis bahas pemrograman lain.

Pada tutorial ini kita akan install IntelliJ IDEA versi community, karena versi tersebut gratis dan juga sudah lebih dari cukup untuk belajar bahasa pemrograman Kotlin dasar. Sebaiknya sebelum kamu install IntelliJ IDEA, saya sarankan kamu sudah install JDK (Java Development Kit) di Windows kamu terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum install JDK silakan kunjungi link berikut untuk mengetahui bagaimana cara install Java (JDK) di Windows 10. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa harus install JDK, karena Kotlin berjalan di JVM (Java Virtual Machine). Dan apabila kamu install JDK maka secara otomatis JVM juga ikut terinstall pula.

Untuk memulai tutorial cara Install IntelliJ IDEA tentunya kamu harus memiliki file instalasi IntelliJ IDEA. Bagi kamu yang belum memiliki file instalasi IntelliJ IDEA kamu dapat mendownloadnya pada website resminya, bisa melalui link ini. Setelah kamu klik link tersebut maka kamu akan dibawa ke halaman seperti contoh gambar dibawah. Pastikan kamu berada pada pilihan tab Windows, kemudian klik Download pada versi Community (lihat bagian yang ditandai kotak merah).

Cara Install IntelliJ IDEA Di Windows 10

Pada tutorial ini file download sebesar 432 MB, jadi pastikan kouta internet kamu cukup dan pastikan juga koneksi internet kamu cukup kencang. Setelah download selesai silakan jalankan seperti install software pada umumnya, yaitu bisa dengan cara klik 2 kali pada file instalasi tersebut.

Contoh Gambar File Instalasi IntelliJ IDEA

Apabila muncul UAC seperti gambar dibawah silakan klik Yes.

Gambar Contoh UAC

Maka tampilan setup IntelliJ IDEA community akan tampil, silakan klik Next untuk memulai instalasi.

Gambar Contoh Setup IntelliJ IDEA Community

Pada direktori lokasi install saya biarkan sesuai bawaan dan klik Next.

Gambar Direktori Lokasi Install IntelliJ IDEA

Pada install option saya tidak memilih apa-apa, namun apabila kamu ingin membuat shortcut pada desktop silakan pilih sesuai versi windows yang kamu gunakan, yaitu 32 bit atau 64 bit. Selanjutnya klik Next.

Contoh Gambar Install Option IntelliJ IDEA

Pada choose start menu folder saya biarkan default saya, lalu klik Install.

Contoh Gambar Choose Start Menu Folder Install IntelliJ IDEA

Maka proses instalasi IntelliJ IDEA community dimulai.

Gambar Proses Install IntelliJ IDEA

Ketika proses instalasi selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah, silakan ceklist Run IntelliJ IDEA, dan klik Finish.

Gambar Proses Instalasi IntelliJ IDEA Selesai

Selanjutnya akan tampil pilihan import setting seperti gambar dibawah, karena ini baru pertama kali install IntelliJ IDEA maka silakan pilih Do not import setting. Lalu klik OK.

Gambar Pilihan Import Setting IntelliJ IDEA

Selanjutnya tampil Custumize IntelliJ IDEA, pada pilihan ini untuk mempercepat silakan klik Skip Remaining and Set Defaults.

Gambar Custumize IntelliJ IDEA

Sampai langkah ini sebenarnya kamu sudah selesai install IntelliJ IDEA, namun ada sedikit setting JDK saat kamu pertama kali membuka IntelliJ IDEA. Jadi silakan klik Create New Project.

Gambar IntelliJ IDEA Selesai di Install

Maka akan tampil pilihan New project seperti gambar dibawah, sekarang perhatikan bagian yang ditandai kotak merah pada gambar. Pada tanda tersebut pada project SDK terdapat tulisan warna merah No SDK. Selanjutnya silakan klik tombol New.

Gambar tampil Pilihan New project

Setelah tombol New di klik maka akan tampil pencarian directori Home JDK, seperti gambar dibawah. Silakan cari directori JDK kamu, tentunya JDK yang sudah kamu install pada tutorial install JDK sebelumnya. Biasanya terdapat pada direktori C:\Program Files\Java\jdk-versi, versi merupakan angka versi Java yang kamu install di Windows kamu. Setelah JDK ketemu dan di pilih, selanjutnya silakan klik OK.

Maka akan kembali ke tampilan New Project, Karena kita ingin belajar Kotlin menggunakan Java Virtual Mesin (JVM) maka silakan pilih Kotlin/JVM dan klik Next.

Selanjutnya silakan tulis nama project sesuka kamu, pada tutorial ini nama project menggunakan nama BelajatKotlin. Dan selanjutnya silakan pilih directori project lokasi, yaitu tempat tersimpannya project latihan ini. Dan Jangan lupa klik Finish.

Silakan tunggu proses pembuatan project selesai, dan ketika proses buat project selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Contoh Gambar Membuat Project Kotlin Selesai

Demikian untuk tutorial cara install IntelliJ IDEA di Windows 10. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar instalasi IntelliJ IDEA ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post