Cara Install XAMPP Di Windows 10

XAMPP merupakan software (aplikasi) yang biasa digunakan untuk membuat PC atau laptop kamu menjadi sebuah web server lokal. Biasanya XAMPP ini digunakan untuk belajar membuat website misalnya seperti mempelajari bahasa pemrograman PHP. Selain itu XAMPP juga biasa digunakan dalam tahap membangun (menulis kode) website di komputer lokal, dan ketika kode website sudah selesai ditulis dengan baik, kode tersebut baru di upload ke web server. Misalnya seperti web hosting.

Dengan adanya XAMPP ini sangat bermanfaat bagi yang baru belajar membuat website, bahkan juga bermanfaat bagi pengembang website yang sudah profesional. Karena mereka tidak direpotkan dengan setup web server secara lokal yang cukup memakan waktu, dan hanya perlu install XAMPP komputer mereka, dan siap digunakan untuk koding membuat website.

Cara Install XAMPP Di WIndows 10

Sekarang langsung saja ke inti dari tutorial ini, yaitu cara install XAMPP di Windows 10. Dan bagi kamu yang menggunakan versi windows lain misalnya seperti Windows 7, Windows 8.1, dan versi lainnya. Kamu tetap bisa mengikuti tutorial cara install XAMPP ini. Karena dari beberapa versi Windows tersebut caranya hampir sama, atau bahkan sama persis.

Untuk memulai install XAMPP tentunya kamu harus memiliki file installasi XAMPP terlebih dahulu. Bagi kamu yang belum memiliki file installasi XAMPP silakan download file tersebut di website remisnya, yaitu melalui link ini. Setelah kamu klik link tersebut maka akan tampil sebuah halaman download XAMPP seperti gambar dibawah. Yang harus kamu lakukan tentunya silakan pilih versi XAMPP kemudian klik Download. Pada tutorial ini (dibuat Mei 2018) saya memilih XAMPP versi 5.6.35 / PHP 5.6.35. Apabila kamu memilih versi lain (versi 7) biasannya untuk cara installnya tetap sama. Namun saya sarankan bagi kamu yang baru belajar untuk memilih PHP versi 5, karena kebanyakan tutorial PHP menggunakan PHP versi 5. Dan tentunya ada beberapa perbedaan diantara PHP versi 5 dan 7. Yang mungkin perbedaan tersebut akan membuat kamu terhambat untuk belajar.

Contoh Gamabar Website Download XAMPP

Setelah klik download silakan tunggu hingga proses download selesai. Dan setelah proses download selesai didalam folder tempat tersimpannya file download, akan terdapat file intallsai XAMPP seperti gambar dibawah. Sekarang saatnya untuk proses intsall XAMPP, caranya silakan klik 2 kali pada file intallasi XAMPP tersebut.

Cara Install XAMPP Di Windows 10

Jika tampil UAC (User Account Control) seperti gambar dibawah silakan klik Yes.

Gambar Contoh UAC XAMPP

Selanjutnya, jika muncul warning tentang UAC XAMPP seperi gambar dibawah silakan klik OK saja.

Cara Install XAMPP Di Windows 10

Maka akan muncul setup XAMPP seperti gambar dibawah, silakan klik Next.

Contoh Gambar Setup XAMPP

Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan komponen XAMPP, pada pilihan ini saya biarkan default saja. Yaitu pada tutorial ini semua pilihan komponen XAMPP di ceklis semua, untuk detailnya bisa dilihat contoh gambar dibawah. Dan selanjutnya silakan klik Next.

Gambar Contoh Pilihan Komponen XAMPP

Maka akan tampil pilihan folder intallasi XAMPP, pada pilihan ini juga saya biarkan default, yaitu pada directori C:\xampp. Selanjutnya klik Next.

Gambar Contoh Pilihan Folder Intallasi XAMPP

Kemudian akan tampil bitnami for XAMPP. Pada langkah ini kamu boleh ceklist atau tidak pada Learn more about Bitnami for XAMPP. Apabila kamu ceklis maka setelah klik next akan tampil sebuah halaman web tentang Bitnami for XAMPP, dan begitu juga dengan sebaliknya. selanjutnya klik Next.

Gambar Contoh Bitnami For XAMPP

Dan akan tampil XAMPP ready to Install, selanjutnya klik Next.

Cara Install XAMPP Di Windows 10

Maka proses install XAMPP dimulai, silakan tunggu hingga proses installsi selesai.

Gambar Proses Install XAMPP

Jika install XAMPP sudah selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah. Yang menyatakan XAMPP sudah selesai di instsall. Silakan ceklist Do you want to start the Control Panel now?, untuk membuka XAMPP Control Panel. Dan selanjutnya klik Finish.

Gambar XAMPP Selesai Di Install

Jika muncul pilihan bahasa seperti dibawah silakan pilih English dan klik Save.

Gambar Pilihan Bahasa XAMPP

Maka XAMPP control panel telah terbuka. Untuk mencoba menggunakan XAMPP apakah berfungsi dengan baik, silakan klik Start pada Apache dan MySQL. Jika installasi XAMPP berjalan dengan baik, maka Apache dan MySQL akan berjalan, yang ditandai dengan adanya backgroud warna hijau seperti gambar dibawah.

Gambar Contoh Apache Dan MySQL Berjalan

Selnjutnya silakan buka browser favorit kamu, misalnya Google Chrome dan tulis alamat :

Jika tampil seperti gambar dibawah maka kamu telah berhasil intall XAMPP di PC atau laptop kamu.

Demikian untuk tutorial cara install XAMPP di Windows 10 ini. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan sampaikan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu install XAMPP untuk mempelajari bahasa pemrograman PHP, silakan kunjungi seri tutorial PHP yang ada di website ini. Yang mungkin bisa mempermudah kamu dalam proses belajar. Selain itu di website Cara Kode juga memiliki beberapa seri lainnya, yang dapat kamu lihat pada link ini.


Kolom Komentar

Related Post