Cara Membuat Array Pada Kotlin

Pada tulisan kali ini kita akan belajar cara membuat array pada Kotlin. Gambaran gampangnya array dapat diibaratkan sebuah wadah yang dapat menyimpan berapa isi. Jadi Array dalam bahasa Kotlin juga dapat menyimpan beberapa data sekaligus ke dalam sebuah variabel array. Misalnya untuk menyimpan beberapa nama, kita tidak perlu menyimpannya satu nama ke dalam satu variabel string (seperti contoh sebelumnya). Dengan array kita dapat menyimpan beberapa nama sekaligus ke dalam satu variabel array, menarik bukan?.

Cara Membuat Array Pada Kotlin

Membuat Array Pada Kotlin

Cara membuat Array pada Kotlin caranya cukup mudah, kita cukup menggunakan fungsi yang bernama arrayOf(), dalam parameter fungsi tersebut kita bisa memasukkan beberapa data ke sekaligus yang setiap datanya dipisahkan dengan tanda koma, misalnya arrayOf(“Lukman”, “Hendra”, “Dina”, “Maya”). Tentu jangan lupa menyimpannya kedalam sebuah variabel, jadi kode lengkapnya untuk membuat array pada kotlin menjadi seperti ini val nama = arrayOf(“Lukman”, “Hendra”, “Dina”, “Maya”). Untuk menampilkan langsung seluruh isi data array tersebut kita dapat menggunakan metode .toList() pada variabel array, contohnya nama.toList(). Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh kode dibawah ini.

Pada contoh kode diatas, contoh membuat array terdapat pada baris nomor 2 yaitu val nama = arrayOf(“Lukman”, “Hendra”, “Dina”, “Maya”). Dan baris nomor 3 terdapat kode print(nama.toList()) yaitu menampilkan (print) dari list data yang terdapat pada variabel array nama. dari contoh kode diatas jika dijalankan maka akan mendapatkan hasil seperti contoh gambar dibawah ini:

Gambar Hasil Contoh Kode Membuat Array Pada Kotlin

Mengambil Nilai Array Pada Kotlin

Apabila menggunakan metode toList() maka akan langsung mengembalikan seluruh data array. Lalu bagaimana bila ingin mengambil (mendapatkan) salah satu nilai atau data saja?. Untuk melakukan hal tersebut pada Kotlin terdapat 2 cara yaitu dengan menambahkan pada variabel array dengan tanda sepasang kurung kotak ([]), yang didalam kurung kotak tersebut terdapat nomor index dari data yang diinginkan, contohnya nama[1]. Dan cara yang kedua kita dapat menggunakan metode get(), dimana dalam metode get tersebut memerlukan parameter nomor index dari data yang ingin didapatkan, contohnya nama.get(1). Dan nomor index dimulai dari angka nol (0), misalnya dari array sebelumnya yaitu val nama = arrayOf(“Lukman”, “Hendra”, “Dina”, “Maya”), untuk mendapatkan nilai Lukman maka menggunakan no index 0, dan kodenya bisa dengan menggunakan nama[0] atau nama.get(0). Sedangkan untuk mendapatkan nilai Hendra maka menggunakan no index 1, dan kodenya menjadi nama[1] atau nama.get(1). Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh kode dibawah.

Dari contoh kode diatas bila dijalankan maka akan tampil seperti contoh gambar dibawah.

Gabar Hasil Contoh Kode Mengabil Nilai Array Pada Kotlin

Pada contoh kode diatas contoh mendapatkan nilai dari array terdapat pada baris kode no 6 dan 7, dan kita langsung menampilkan nilai tersebut dengan menggunakan print(). Selain langsung di print kamu bisa juga menyimpannya kedalam variabel lain misalnya val namax = nama[0].

Mengubah Nilai Array Pada Kotlin

Kita juga dapat mengubah nilai array pada Kotlin dengan menggunakan metode set(), metode set memerlukan 2 parameter yaitu nomor index dan yang kedua nilai baru. Misalnya nama.set(1, “nama baru”). Selain menggunakan metode set kamu juga dapat menggunakan dengan cara seperti ini nama[1] = “nama baru”. Pada contoh ini nomor yang terdapat didalam kurung kotak tersebut adalah nomor index. Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh kode dibawah ini.

Pada contoh kode diatas pada baris no 6 kita mengubah nilai array pada no index 1, dengan menggunakan metode set. Nilai diubah menjadi Hendar Setiawan. Selanjutnya pada baris no 7 kota mengubahnya dengan kode nama[0] = “Lukman Sanjaya” yang maksudnya mengubah nilai array pada nomor index 0 dan diganti dengan value Lukman Sanjaya.

Dari contoh kode diatas apabila dijalankan maka akan tampil seperti contoh gambar dibawah ini.

Gambar Hasil Contoh Kode Mengubah Nilai Array Pada Kotlin

Lihat saat kita menampilkan seluruh data array maka nilai atau value yang terdapat pada array no index 0 dan 1 sudah berubah sesuai yang kita inginkan.

Pada contoh pembuatan array diatas kita hanya menggunakan value type data string, dan sebenarnya kita bisa menggunakan type data lainnya, seperti integer, boolean, float, bahkan array lagi. Dan selain itu kita juga bisa menggunakan type data campuran. Contohnya val data = arrayOf(“Lukman”, 20, true).

Saya rasa cukup jelas untuk penjelasan tentang cara membuat array pada Kotlin ini, namun apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi seri Kotlin pemula untuk melihat seluruh list tutorial Kotlin untuk pemula yang ada di Cara Kode.


Kolom Komentar

Related Post