Cara Membuat Function di JavaScript

Cara Membuat Function di JavaScript

Function atau bisa juga disebut fungsi yaitu blok kode program yang dibuat supaya kode kita terlihat lebih singkat dan tentunya lebih rapi. Karena kode yang kita ingin gunakan berulang-ulang akan ditulis didalam function tersebut, dan function dapat dipanggil berulang-ulang (tanpa batas) selama dalam kode JavaScript masih terhubung dengan function tersebut. Pada seri sebelumnya kita sudah menggunakan function yang secara bawaan sudah dibuat oleh pengembang JavaScrip, misalnya search(), replace(), substring(), dan lain-lain. Lalu bagaimana apabila kita membuat function sendiri pada JavaScript?, caranya sebagai berikut.

Untuk membuat function di JavaScript caranya diawali dengan perintah function, kemudian nama function dengan ditambah kurung buka dan tutup, kemudian kurung kurawal buka dan tutup. Didalam kurung kurawal itulah tempat menulis kode-kode function yang kita inginkan. Supaya lebih mudah memahaminya silakan lihat kode di bawah ini :

Untuk nama function kamu dapat menggunakan nama apa saja (bebas), namun sebaiknya kamu gunakan nama sesuai dari tujuan function tersebut dibuat supaya mudah diingat. Misalnya membuat fungsi untuk menghitung luas persegi menggunakan nama fungsi hitungLuasPersegi(). Untuk aturan membuat nama function pada JavaScript hampir mirip seperti aturan membuat nama variabel. Dan untuk tempat menulis kode tidak terbatas hanya satu baris saja.

Contohnya kita akan membuat function yang akan menampilkan tulisan didalam tag paragraf pada dokumen HTML. Contoh kodenya seperti ini :

Pada contoh kode diatas terdapat dua buah tag paragraf kosong, tag paragraf itulah yang akan di isi tulisan oleh JavaScript menggunakan function tulis() (lihat baris nomor 12 – 15). Didalam function tersebut terdapat dua buah baris kode yang tujuannya untuk menulis pada tag paragraf dengan metode innerHTML. Setelah menulis function supaya dijalankan oleh JavaScript kamu perlu memanggilnya dengan perintah nama function diikuti dengan tanda kurung buka tutup (lihat baris nomor 17). Dari kode diatas akan tampil sebagai berikut :

Gambar Hasil Dari Kode Membuat Function di JavaScript

Demikian untuk penjelasan cara membuat function di JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan sampaikan pada kolom komentar dibawah ini. Dan kita akan membahas function lebih mendalam diseri berikutnya yaitu membuat function parameter.


Kolom Komentar

Related Post