Cara Membuat Function Parameter di JavaScript

Cara Membuat Function Parameter di JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah membahas seputar function dasar, dan pada seri ini kita akan belajar function secara lebih mendalam yaitu membuat function yang memiliki parameter di JavaScript. Saya anggap yang mengikuti seri ini sudah memahami function dasar yang ada di seri sebelumnya, bagi kamu yang belum paham silakan kembali mempelajari seri function dasar terlebih dahulu.

Parameter yaitu sebuah nilai atau variabel yang ada di dalam kurung pada nama function. Selain itu kamu juga bisa membuat parameter pada JavaScript lebih dari satu. Apabila kamu membuat fungsi yang memiliki sebuah parameter maka saat kamu memanggilnya kamu harus menggunakan sebuah parameter juga. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini.

Function Satu Parameter

Untuk membuat function satu parameter cukup mudah, kamu hanya menggunakan sebuah nilai atau variabel yang ada didalam kurung yang terdapat didalam function tersebut. Dan ini adalah contoh kode function satu parameter.

Pada baris nomor 11 sampai 14 terdapat sebuah function bernama luasBujurSangkar yang berfungsi sesuai dengan namanya yaitu menghitung luas bujur sangkar dengan rumus sisi dikali dengan sisi. Dan pada baris nomor 16 terdapat sebuah kode yang memanggil function luasBujurSangkar, karena function tersebut memiliki satu parameter maka saat kamu memanggilnya juga perlu menggunakan parameter. Dari kode diatas jika dibuka pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Function 1 Parameter

Function Lebih dari Satu Parameter

Untuk membuat function lebih dari satu parameter caranya hampir sama dengan membuat function satu parameter, yaitu kamu cukup menambahkan 2, 3, atau lebih nilai atau variabel di dalam kurung nama function, yang dipisahkan dengan tanda koma. Supaya lebih jelas silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Untuk penjelasan kode program diatas hampir mirip dengan kode function satu parameter, namun ada sedikit perbedaan yaitu pada kode diatas memiliki dua buah parameter yang dipisahkan dengan tanda koma. Dan saat memanggilnya juga memerlukan 2 buah parameter. Dari contoh kode diatas jika ditampilkan pada browser maka seperti gambar berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Function Lebih Dari 1 Parameter

Selain dari contoh kode diatas kamu juga bisa membuat function beberapa parameter misalnya 3, 4, 5 dan seterusnya. Silakan mencobanya sendiri supaya kamu lebih paham.

Saya rasa cukup jelas untuk seri cara membuat function parameter di JavaScript, namun apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan dikolom komentar di bawah.


Kolom Komentar

Related Post