Cara Membuat Function Return Pada JavaScript

Cara Membuat Function Return Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah belajar membuat function yang memiliki parameter, kemudian pada seri ini kita akan belajar membuat function return pada JavaScript. Maksud dari membuat function return yaitu kita akan membuat function yang jika dipanggil akan mengembalikan sebuah nilai. Untuk cara membuatnya hampir mirip dengan membuat function pada seri sebelumnya, namun memiliki sedikit perbedaan yaitu saat akhir baris kode didalam function terdapat sebuah baris kode return value (mengembalikan nilai). Supaya lebih paham silakan lihat kedua contoh kode dibawah ini.

Membuat Function Return

Sudah dijelaskan diatas bahwa membuat function return sama seperti membuat function pada seri sebelumnya namun memiliki perbedaan yaitu terdapat keyword return di akhir kode didalam function, contohnya seperti berikut :

Pada contoh diatas pada baris nomor 11 sampai 13 terdapat sebuah function text() yang didalamnya hanya memiliki baris kode return, contoh kode diatas sengaja saya buat pendek seperti itu supaya kamu memahami apa itu return yang terdapat didalam fungsi tanpa adanya kode-kode lainnya yang mungkin akan membuat rumit. Sekarang lihat baris nomor 15 ada sebuah kode yang memanggil function text() kemudian disimpan ke dalam variabel isiText. Value (nilai) dari variabel isiText akan berisi sesuai apa yang direturn dari function text(). Karena dari function text() diatas mempunyai kode return “Belajar JavaScript”; maka value variabel isiText yaitu “Belajar JavaScript”. Dan pada baris nomor 16 berfungsi untuk menampilkan value dari variabel isiText pada tag paragraf pada nomor index 0, yaitu pada baris nomor 8.

Dari kode diatas jika ditampilkan pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Function Return

Membuat Function Return Yang Memiliki Parameter

Seperti function pada umumnya, function return juga bisa memiliki parameter. Untuk cara membuatnya juga sama seperti kode diatas. Namun didalam kurung pada nama function terdapat sebuah nilai atau nama variabel yang berfungsi untuk mengoper nilai (parameter). Untuk lebih jelasnya silakan lihat kode dibawah ini :

Contoh kode diatas di baris nomor 11 sampai 14 terdapat sebuah function yang memiliki parameter dan return. Saat memanggil function tersebut juga memerlukan parameter (baris nomor 16). Didalam function text2 terdapat sebuah variabel yang berisi dari gabungan antara tulisan “Belajar JavaScript “ dan parameter yang dioper saat memanggil function tersebut. Karena saat memanggil function tersebut berisi berisi parameter “Di Cara Kode” maka nilai return yang dihasilkan dari function tersebut menjadi “Belajar JavaScript Di Cara Kode”.

Dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Function Return Yang Memiliki Parameter

Selain itu kamu juga bisa membuat function return lebih dari satu parameter, inti pembuatannya sama dengan membuat function berparameter biasa. Apabila kamu sudah memahami seri sebelumnya kama kamu tidak akan kesulitan untuk membuatnya. Selain itu kamu juga bisa mengoper parameter bertype data selain string, miaslnya angka (number).

Saya rasa cukup jelas untuk penjelasan cara membuat function return pada JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan sampaikan di kolom komentar. Dan apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list dari belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan.


Kolom Komentar

Related Post