Cara Membuat Komentar Di JavaScript

Cara Membuat Komentar Di JavaScript

Sama seperti HTML, CSS, dan bahasa pemrograman lainnya, JavaScript juga bisa membuat komentar yang fungsinya sama seperti komentar pada HTML dan CSS yang sudah kita pelajari di masing-masing seri tersebut. Yaitu untuk sebagai pengingat atau penjelasan fungsi dari potongan kode (dokumentasi), dan komentar ini tidak akan dijalankan pada browser. Komentar sangat penting karena jika tidak menggunakan komentar sebagai pengingat penjelasan kode kita pasti akan lupa jika kode yang kita tulis sudah ratusan bahkan ribuan baris kode, apalagi jika kita bekerja tim jika tidak menggunakan komentar untuk penjelasan setiap blok kode program pasti teman dalam tim tersebut akan kesulitan memahami kode yang telah ditulis. Dan untuk membuat komentar di JavaScript hampir sama dengan membuat komentar pada CSS.

Selain itu komentar juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan kode secara sementara, apa bila kamu ingin mencoba kode lainnya tanpa perlu menghapus kode sebelumnya. Dan juga bisa dimanfaatkan untuk mencari bug atau kesalahan dalam menulis kode program dengan cara mematikan kode yang diangap salah dengan komentar.

Membuat Komentar Di JavaScript

Untuk membuat komentar di JavaScript satu baris kamu dapat menggunakan tanda garis miring ganda (//). Sedangkan untuk membuat komentar beberapa baris sekaligus kamu dapat menggunakan tanda pembuka garis miring bintang (/*) dan penutupnya bintang garis miring (*/), selama tulisan masih berada didalam tanda ini walau berbeda baris maka akan menjadi komentar yang tidak akan dijalankan oleh browser. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh penulisannya pada kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas komentar pada JavaScript satu baris terletak pada baris nomor 8, 17, dan 20. Sedangkan contoh komentar beberapa baris pada baris nomor 10 sampai 15. Contoh penggunaan komentar digunakan sebagai pengingat atau penjelasan fungsi dari potongan kode (dokumentasi) contohnya pada baris nomor 17 dan 20. Dari kode diatas jika dijalankan pada browser maka akan menampilkan sebuah alert dengan tulisan “Selamat Datang” sesuai pada variabel “pesan“.

Gambar Hasil Contoh Kode Komentar

Demikian untuk penjelasan cara membuat komentar di JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.


Kolom Komentar

Related Post