Cara Membuat Komentar Pada CSS

Cara Membuat Komentar Pada CSS

Seperti pada HTML, CSS juga memiliki komentar. Komentar pada CSS bisa dimanfaatkan sebagai pengingat atau penjelasan fungsi dari potongan kode (dokumentasi). Selain itu komentar juga bisa dimanfaatkan untuk mematikan potongan kode yang tidak ingin digunakan terlebih dahulu atau kode error. Untuk membuat komentar pada CSS diawali dengan “/*” dan diakhiri dengan “*/” (tanpa tanda kutip). Selama kode CSS terdapat didalam komentar tersebut maka kode tersebut tidak bisa memberi efek apapun pada tampilan (kode tersebut mati). Untuk cara penggunaannya silakan lihat kode dibawah ini, kode dibawah ini merupakan kode dari seri sebelumnya.

Dari contoh kode komentar diatas terdapat 3 buah komentar yaitu pada baris nomor 7, nomor 14, dan nomor 19 sampai 26. Pada baris nomor 7 dan 14 merupakan contoh komentar dokumentasi atau pengingat, dan komentar ini hanya berlaku satu baris. Pada baris nomor 19 – 26 merupakan komentar yang digunakan untuk mematikan kode CSS, apabila kode tersebut dibuka pada browser maka kode yang ada didalam komentar ini tidak berfungsi, dan komentar ini berfungsi beberapa baris sampai kode komentar penutup ditemukan (”*/”) seperti yang terdapat pada baris nomor 26.

Apabila kode CSS kamu sudah cukup banyak kamu bisa manfaatkan komentar ini sebagai dokumentasi pada setiap blok kodenya, agar suatu saat jika membuka kode yang kamu buat tidak lupa atau sebagai pengingat, atau juga bisa dimanfaatkan jika kamu dalam kerja team atau kelompok agar dalam setiap angota dalam team atau kelompok lebih mudah memahami kode yang kamu buat.

Demikian untuk penjelasan cara membuat komentar pada CSS, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar di bawah ini.


Kolom Komentar

Related Post