Cara Membuat Perulangan While Dan Do While Pada JavaScript

Cara Membuat Perulangan While Dan Do While Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah belajar membuat perulangan for, dan untuk seri ini kita akan belajar cara membuat perulangan while dan do while pada JavaScript. Perulangan for, while, dan do while tentunya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengulang kode JavaScript yang kita tulis, namun memiliki cara kerja yang berbeda. Supaya lebih paham silakan simak setiap poinnya di bawah ini.

Membuat Perulangan While Pada JavaScript

Perulangan while penulisan kodenya hampir mirip dengan logika if, dimana memerlukan syarat dan didalamnya terdapat kode yang akan diulang. Namun supaya perulangan tersebut dapat berhenti (memenuhi syarat) maka didalam perulangan memerlukan increment atau decrement. Untuk lebih jelasnya silakan lihat struktur kode while dibawah ini :

Setiap kali perulangan dijalankan kondisi (syarat) akan selalu diperiksa, dan increment atau decrement akan selalu berubah nilainya. Apabila increment atau decrement nilainya sudah memenuhi syarat perulangan maka perulangan akan dihentikan. Sekarang kita lihat contoh penulisan perulangan yang sebenarnya :

Pada contoh kode diatas perulangan while terdapat pada baris nomor 12 sampai 15. Untuk memulai membuat perulangan while jangan lupa membuat sebuah variabel sebagai syarat untuk perulangan (baris nomor 11), nilai variabel itulah yang nantinya akan berubah-ubah selama perulangan dijalankan, dan hingga nilainya memenuhi syarat sehingga perulangan berhenti.

Kode diatas pada baris nomor 12 terdapat while(i < 4) yang berarti memulai perulangan while dengan syarat variabel i lebih kecil dari 4. selama syarat tersebut masih bernilai true (terpenuhi) maka perulangan akan terus dijalankan, dan jika sudah bernilai false (tidak terpenuhi) perulangan akan berhenti. Selanjutnya pada baris nomor 13 terdapat kode console.log(“Belajar perulangan while pada JavaScript”); kode itulah yang akan diulang, yang fungsi dari kode tersebut akan menampilkan “Belajar perulangan while pada JavaScript” ke dalam console browser. Kode yang ingin diulang bisa berisi lebih dari satu baris, apa bila kamu ingin menambahkannya kamu bisa menulis dibawah kode console.log tersebut. Dan setelah semua kode yang ingin diulang selesai ditulis jangan lupa menulis kode increment atau decrement (baris nomor 14) yang juga akan diulang oleh perulangan while, selama perulangan terjadi maka maka variabel i¬†nilainya akan terus berubah hingga tidak memenuhi syarat perulangan while. Dan ketika variabel tersebut sudah tidak memenuhi syarat, maka perulangan akan dihentikan.

Menambahkan kode increment atau decrement seperti pada baris nomor 14 diatas sangat penting apabila kamu lupa menulis kode tersebut maka perulangan tidak akan berhenti atau disebut infinity loop. Dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser dan buka tab conslole browser maka akan tampil seperti berikut (perhatikan bagian yang ditandai kotak merah):

Gambar Hasil Contoh Kode Perulangan While

Pada perulangan while nilai variabel yang sebagai syarat juga dapat kamu manfaatkan dalam perulangan. Contohnya :

Contoh kode diatas variabel syarat bernama variabal x karena nilai variabel tersebut berubah-ubah saat perulangan berjalan maka saat nilai variabel tersebut di print pada consloe akan tampil berubah juga seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Menampilkan Variabel Syarat Perulangan

Membuat Perulangan Do While Pada JavaScript

Perulangan do while hampir mirip dengan perulangan while, perbedaannya apabila perulangan do whlie akan menjalankan kode yang akan diulang minimal 1 kali terlebih dahulu baru akan melihat syaratnya. Lebih jelasnya silakan lihat struktur kode do while dibawah ini :

Dan di bawah ini contoh kode do while :

Pada perulangan do while juga jangan lupa menulis kode increment atau decrement pada akhir kode yang ingin diulang, apabila lupa menulis kode tersebut maka perulangan juga tidak akan berhenti. Dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Perulangan Do While

Sudah dijelaskan di awal poin pembahasan ini, bahwa perulangan do while akan menjalankan minimal 1 kali terlebih dahulu sebelum melihat syaratnya. Sekarang kita coba membuat perulangan do while dengan syarat yang salah (tidak terpenuhi).

Contoh kode diatas memiliki variabel i dengan nilai 10, sedangkan pada syarat perulangan do while tersebut dengan syarat variabel i lebih kecil dari 5. Jadi itu tidak memenuhi syarat karena nilai 10 tidak lebih kecil dari 5. Namun walau tidak memenuhi syarat perulangan do while akan menjalankan 1 kali pada kode yang ingin diulang.

Gambar Hasil Contoh Perulangan Do While Dengan Syarat Tidak Terpenuhi

Demikian seri belajar cara membuat perulangan while dan do while pada JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar. Serta apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin dapat menambah wawasan kamu tentang bahasa pemrograman JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post