Cara Membuat Session Di PHP

Pada tutorial ini kita akan belajar cara membuat session di PHP, sebelum memulai membuat session pada PHP ini sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu session di PHP?. Session adalah data sementara yang disimpan pada server PHP, data session ini hanya dapat diakses oleh user yang memiliki session itu sendiri, dan data session ini akan hilang dengan sendirinya apabila apabila user telah meninggalkan server tersebut (menutup browser). Karena data disimpan pada server maka session ini lebih aman untuk menyimpan data-data sementara yang sifatnya penting jika dibandingkan dengan cookie.

Cara Membuat Session Di PHP

Cara Membuat Session Di PHP

Untuk cara membuat session di PHP sangatlah mudah, yaitu dengan diawali dengan perintah php session_start(). Dan selanjutnya tulis variabel array global $_SESSION dan diikuti dengan key dan value yang diingikan. Misalnya seperti $_SESSION[‘login_status’] = true;. Login_status disebut key atau kunci yang nantinya akan digunakan untung memanggil session, dan true merupakan value atau disebut nilai (isi) dari session. Sedangkan untuk perintah session_start() digunakan untuk mengaktifkan atau menjalankan session. Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh kode dibawah ini.

Silakan tulis kode diatas dan disimpan dengan nama file session.php dan simpan di folder htdocs XAMPP kamu. Pada contoh ini saya menyimpannya pada directory C:\xampp\htdocs\CaraKode\session.php. Selanjutnya jalankan XAMPP kamu dan kemudian jalankan kode diatas pada browser favorit kamu sesuai directory file tempat kamu menyimpan. Jika directory tempat menyimpannya sama maka pada browser akses url localhost/CaraKode/session.php. Ketika kode session diatas dijalankan maka pada browser tidak tampil apa-apa.

Gambar Hasil Kode Membuat Session Di PHP

Tapi ketika kamu inspect element dengan cara klik kanan pada browser, lalu pilih Inspeksi.

Gambar Contoh Masuk Ke Inspect Elemet

Kemudian pilih tab Application, cari Cookie, dan pilih http://localhost, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :

Contoh Gambar Session Ada Di Browser

Dari gambar diatas pada bagian ditandai kotak warna kuning terlihat sebuah data dengan nama PHPSESSID yang memiliki value karakter acak. Apabila pada browser kamu tidak muncul data tersebut coba kamu refresh browser atau cek kode php mungkin ada kesalahan penulisan kode.

Cara Menggunakan Session Di PHP

Untuk cara menggunakan session di PHP caranya sangat mudah kamu hanya perlu menggunakan global variabel $_SESSION yang diikuti dengan key yang sebelumnya dibuat. Misalnya pada poin sebelumnya kita membuat session $_SESSION[‘user_id’] = 125; maka ketika ingin menggunakan session tersebut kita cukup memanggilnya $_SESSION[‘user_id’], dan apabila kamu ingin menampilkan nilai session tersebut ke browser kamu bisa menggunakan perintah echo($_SESSION[‘user_id’]). Untuk lebih jelasnya silakan tambahkan kode seperti dibawah ini pada file session.php.

Pada contoh kode diatas pada baris nomor 7 dan 8 kita menampilkan nilai session user_id dan login_status. Kemudian pada baris nomor 10 kita menyimpan data session $_SESSION[‘user_name’] ke dalam variabel $user_name. Dan pada baris nomor 11 ketika kita ingin menggunakan session tersebut kita cukup menggunakan variabel $user_name.

Dari contoh kode diatas apabila dijalankan pada browser maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Gambar Hasil Contoh Kode Menggunakan Session Di PHP

Kita juga bisa menampilkan data session yang sudah kita set diatas pada file PHP lainnya. Misalnya pada contoh ini kita buat file PHP dengan nama tampil-session.php. File ini masih berada pada folder yang sama dengan file session.php yaitu pada directory C:\xampp\htdocs\CaraKode\. Dan kode yang terdapat pada file tampil-session.php seperti berikut.

Ketika kode diatas dijalankan (yang sebelumnya sudah menjalankan file session.php) maka pada browser tampil value dari session yang sudah kita buat sebelumnya, yaitu pada file session.php.

Gambar Hasil Contoh Kode Menampilkan Session Pada PHP

Sebagai catatan untuk menggunakan nilai session tetap memerlukan fungsi session_start(), dan sebelumnya file yang membuat session sudah dijalankan terlebih dahulu.

Cara Menghapus Session di PHP

Walau secara otomatis session bisa terhapus dengan sendirinya, terutama ketika user menutup browser. Namun pada hal tertentu kita tetap ingin menghapus session tersebut, misalnya ketika user menekan tombol logout. Untuk menghapus session pada PHP bisa menggunakan fungsi unset(), fungsi tersebut memerlukan parameter dari session yang ingin dihapus. Misalnya kita ingin menghapus $_SESSION[‘user_name’] maka kita bisa menggunakan perintah unset( $_SESSION[‘user_name’] );. Namun untuk menghapus session kamu juga tetap perlu menjalankan session_start();. Jadi untuk lebih jelasnya kode untuk menghapus session silakan lihat contoh kode dibawah ini.

Silakan simpan contoh kode diatas dengan nama file hapus-session.php kemudian jalankan file tersebut. Ketika file tersebut dijalankan maka pada browser tidak tampil apa-apa, seperti contoh gambar dibawah.

Gambar Hasil Contoh Kode Menghapus Session di PHP

Dan sebagai bukti bahwa session tersebut sudah berhasil dihapus silakan jalankan file tampil-session.php yang sebelumnya sudah kita buat. Maka akan tempil error “Notice: Undefined index: user_name in C:\xampp\htdocs\CaraKode\tampil-session.php on line 4”, seperti contoh gambar dibawah.

Contoh Gambar Session Undefine

Pada contoh kode diatas adalah contoh kode menghapus satu key session saja, namun apabila kamu ingin langsung menghapus seluruh session yang sudah dibuat maka kamu bisa menggunakan perintah session_destroy();. Perintah ini tetap memerlukan function session_start();. Dan untuk contoh kode menghapus seluruh session bisa dilihat contoh kode dibawah ini.

Simpan contoh kode diatas dengan nama hapus-all-session.php, ketika file hapus-all-session.php ini dijalankan maka pada browser tidak tampil apa-apa. Namun ketika kamu kembali menjalankan file tampil-session.php maka akan error seperti contoh gambar dibawah, karena seluruh session sudah dihapus.

Contoh Gambar Seluruh Session Berhasil Dihapus

Saya rasa cukup jelas untuk tutorial cara membuat session di PHP ini, kamu juga dapat langsung melihat beberapa contoh kode session langsung di website php melalui link ini. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial cara membuat session di PHP ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi seri tutorial PHP dasar yang mungkin ada tutorial yang menarik buat kamu.


Kolom Komentar

Related Post