Cara Membuat Tombol Reset Di HTML

Cara Membuat Tombol Reset Di HTML

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat tombol reset di HTML, tombol reset biasanya digunakan untuk membersihkan seluruh data yang telah ditulis pada inputan yang terdapat pada sebuah form HTML. Untuk cara membuat tombol reset pada HTML ini cukup mudah, kamu hanya memerlukan kode seperti dibawah ini:

Namun dalam penggunaannya, karena tombol reset tersebut digunakan untuk membersihkan data yang telah ditulis pada form, maka kode tombol reset tersebut harus berada didalam tag form itu juga. Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh kode HTML dibawah ini:

Pada contoh kode diatas contoh penggunaan tombol reset berada pada baris nomor 13 yaitu <input type=”reset” value=”Reset Form”>. Pada contoh tersebut tombol reset pada atribut value berisi Reset Form (value=”Reset Form”) nilai dari atribut value ini yang nantinya akan tampil pada browser. Kamu dapat merubah nilai dari atribut value tersebut sesuka kamu, misalnya menjadi value=”Bersihkan”, value=”Hapus”, value=”Hapus Input”, dan lain sebagainya. Dari contoh kode diatas jika disimpan dalam file HTML dan dibuka pada browser maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:

Gambar Hasil Contoh Kode Penggunaan Tombol Reset Pada HTML

Selanjutnya silakan coba isi data pada form tersebut, kemudian setelah semua data diisi silakan coba klik tombol Reset Form. Berikut adalah contoh gambarnya:

Contoh Gambar Yang Formnya Diisi Data

Dan berikut adalah contoh gambar setelah tombol reset di klik:

Contoh Gambar Setelah Tombol Reset Di Klik

Atau lebih jelasnya kamu dapat melihat contoh video demo dibawah ini:

Demikian untuk tutorial cara membuat tombol reset di HTML, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu masih baru dalam belajar HTML silakan kunjungi seri tutorial belajar HTML dasar yang ada di Cara Kode. Yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar HTML dasar. Atau bagi kamu yang ingin belajar mempercantik tampilan web dengan CSS silakan kunjungi seri belajar CSS dasar yang ada di Cara Kode juga.


Kolom Komentar

Related Post