Cara Membuat Upload File Dengan PHP – Upload Dasar

Cara Membuat Upload File Dengan PHP - Upload Dasar

Pada seri membuat upload file dengan PHP pertama kali ini kita mulai dengan upload file dasar terlebih dahulu. Tujuannya supaya kamu lebih mudah memahami, bila dibandingkan langsung dengan ke beberapa validasi. Dan untuk validasi upload akan kita pelajari di seri selanjutnya. Sebagai catatan pada tutorial ini saya menggunakan text editor Visual Studio Code (VS Code). Bagi kamu yang menggunakan Notepad++ intinya tetap sama, dan tetap bisa mengikuti seri tutorial ini.

Untuk memulai seri upload ini kita mulai dengan membuat folder beru bernama “Upload Dasar“, folder baru tersebut saya buat didalam folder “Latihan PHP Dasar” yang merupakan folder tempat latihan PHP dasar kita sebelumnya. Sehingga menjadi seperti ini :

Contoh Gambar Folder Upload Dasar

Kemudian buka folder yang baru saja kita buat (Upload Dasar) dan buat folder lagi bernama “upload“, Sehingga menjadi seperti ini :

Gambar Contoh Folder Upload

Folder bernama upload inilah sebagai tempat menyimpan file-file yang akan kita upload. Selanjutnya buka VS Code dan tarik folder “Upload Dasar” ke VS Code, sehingga folder tersebut akan terbuka di VS Code.

Gambar Contoh Folder Upload Dasar Dibuka di VS Code

Kemudian buat file dengan nama upload.php yang disimpan didalam folder “Upload Dasar“. Selanjutnya tulis kode dibawah ini didalam file upload.php¬†tersebut :

Kode diatas baru kode sederhana, dan belum menyimpan file upload kedalam folder upload. Tujuan dari kode diatas kita akan berkenalan dengan form upload dan global variabel $_FILES. Pada baris nomor 1 – 4 pada kode diatas terdapat sebuah form, dengan action=”upload.php” berarti form tersebut akan di proses pada file upload.php yaitu file itu sendiri. Selanjutnya method=”POST” berarti form tersebut akan dikirim dengan metode post. Dan form jika digunakan untuk upload file memerlukan atribut enctype=”multipart/form-data”.

Selanjutnya pada baris nomor 7 – 9 terdapat kode yang berfungsi apabila tombol submit pada form sudah di klik maka akan menampilkan dari isi dari variabel $_FILES dengan menggunakan print_r(), Karena $_FILES merupakan global variabel array jadi saat menampilkan semua data dari global variabel tersebut menggunakan print_r().

Selanjutnya jalankan file upload.php tersebut, apabila kamu mengikuti struktur folder dari seri ini maka kamu menjalankan file tersebut dengan url “localhost/Latihan PHP Dasar/Upload Dasar/upload.php“. Setelah file tersebut berhasil dijalankan tanpa ada error, selanjutnya klik “Pilih FIle” pada form yang tampil. Dan cari file gambar yang kamu inginkan, lalu klik “Upload“. Maka akan tampil kurang lebih seperti gambar berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Membuat Upload File Dengan PHP - 1

Dari hasil gambar diatas kita ketahui data pada global variabel $_FILES terdapat array, yang didalam array tersebut masih terdapat sebuah array lagi yang bernama “file”. Selanjutnya didalam array “file” tersebut ada beberapa data seperti “name” merupakan data tempat tersimpannya nama file yang diupload, “type” data tempat tersimpannya type file, “tmp_name” data tempat (path) tersimpannya file yang diupload secara sementara, “error” data untuk menampung jumlah error saat proses upload file, “size” tempat tersimpannya data ukuran file yang diupload.

Jadi untuk mengakses masing-masing dari data array diatas seperti ini :

Karena dari contoh kode file upload diatas file yang diupload hanya tersimpan didalam path tmp_name, maka untuk memindahkan file tersebut bisa berada didalam folder upload yang sudah kita siapkan sebelumnya kita memerlukan fucntion move_uploaded_file(). Fuction tersebut memerlukan 2 buah argumen yaitu tempat asal file itu dimana, dan tujuan file mau disimpan dimana. Untuk mengisi kedua argumen tersebut kita bisa memanfaatkan global variabel $_FILES yang sudah kita jelaskan diatas. Untuk argumen pertama kita bisa menggunakan $_FILES[‘file’][‘tmp_name’];, dan untuk argumen kedua kita dapat menggunakan $_FILES[‘file’][‘name’]; yang diikuti dengan path folder untuk menyimpan file upload, dalam contoh ini yaitu di dalam folder upload.

Jadi dari penjelasan diatas kode yang terdapat dalam file upload.php di edit menjadi seperti ini :

Setelah kodenya diedit menjadi seperti contoh kode diatas, sekarang kembali kita jalankan file upload.php kemudian klik Pilih File, dan silakan pilih gambar yang di inginkan. Selanjutnya klik upload.

Maka setelah di klik upload file gambar yang dipilih berhasil di upload ke dalam folder upload :

Gambaf File Gambar Berhasil Di Upload

Saya kira cukup jelas untuk penjelasan cara membuat upload file dengan PHP ini, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan sampaikan dikolom komentar dibawah. Dan perlu saya ingatkan kembali contoh pada seri ini merupakan seri upload dasar yang belum ada validasinya, untuk itu silakan kunjungi seri selanjutnya untuk mempelajari validasi ukuran dan format file.

Bagi kamu yang baru menemukan seri PHP dasar yang ada di webisite ini, kamu dapat mengunjungi list seri tutorial belajar PHP dasar yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post