Cara Membuat Validasi Input Password Dengan PHP

Cara Membuat Validasi Input Password Dengan PHP

Dalam validasi input password yang terdapat pada form register biasanya memiliki dua buah input password. Tujuannya dibuat dua biasanya untuk mencegah kesalahan (salah tulis) saat user memesukkan password. Selain itu biasanya pada input password juga memiliki minimal karakter (digit) yang harus dimasukkan, tujuannya supaya password tersebut susah ditebak oleh pengguna lain, dan tentunya supaya lebih aman.

Pada tutorial ini kita akan belajar membuat validasi input password yang sudah dijelaskan diatas menggunakan PHP. Dan saya akan memanfaatkan file latihan sebelumnya untuk tutorial ini, karena untuk mempersingkat penjelasan kode. Dan di latihan sebelumnya ada beberapa kode yang sudah dijelaskan.

Membuat Validasi Input Password Dengan PHP

Untuk validasi panjang password kita bisa menggunakan contoh kode ini :

Contoh kode diatas maksudnya, function strlen() akan mengecek jumlah digit karakter string yang terdapat di dalam variabel $pass. Dan jika hasilnya lebih kecil atau sama dengan 8 maka akan menjalankan kode yang ada di blok if tersebut. Yaitu mengisi variabel $valid_panjang_pass dengan nilai false, dan variabel $valid_panjang_pass_msg dengan value “Password minimal 8 digit.<br>”.

Selanjutnya untuk validasi pengecekan konfirmasi password, biasanya terdapat 2 buah input password. Yaitu input password itu sendiri dan input konfirmasi password. Kedua input tersebut diuji oleh PHP, dan untuk kode pengujian seperti ini :

Kode diatas berarti menguji variabel $pass apakah tidak sama (!=) dengan variabel $pass_konfirm. Perlu diketahui kedua variabel yang diuji tersebut merupakan variabel yang menyimpan data input password dan konfirmasi password, yang data tersebut dari input yang dimasukkan user. Apabila kedua variabel tersebut tidak sama maka akan menjalankan kode yang ada didalam if tersebut. Yaitu mengisi variabel $valid_pass_konfirm dengan nilai false, dan $valid_pass_konfirm_msg dengan value “Password konfirmasi tidak sama.<br>”.

Sekarang kita gunakan kedua contoh kode diatas kedalam file latihan sebelumnya. Dan berikut adalah contoh kode setelah kedua blok kode diatas diterapkan. Note : silakan simak semua kode dari atas sampai bawah, karena terdapat beberapa perubahan.

Untuk mencobanya silakan tulis kode diatas, dan simpan dengan nama file validasi-password.php, dan tentunya disimpan didalam folder htdocs xampp kamu. Pada contoh ini saya menyimpannya directory C:\xampp\htdocs\Latihan PHP Dasar. Selanjutnya apabila kamu menyimpan file tersebut sama dengan contoh ini, silakan jalankan kode diatas dengan url :

Maka akan tampil sebuah form register seperti gambar dibawah.

Gambar Hasil Contoh Kode Validasi Input Password Dengan PHP

Selanjutnya silakan coba isi seluruh input dengan benar, namun untuk mengetahui apakah validasi input password berjalan sesuai yang diharapkan, silakan isi input password dengan tulisan dibawah 8 digit, dan tentunya isi tersebut tidak sama dengan isi pada input konfirmasi password. Dan klik Register, maka tampil seperti gambar dibawah.

Selanjutnya silakan isi input password dan konfirmasi password dengan tulisan lebih dari 7 karakter. Dan tentunya kedua input tersebut sama. Setelah itu klik Register, apabila tampil keterangan “Selamat semua input sudah diisi dengan benar.” itu tandanya kode validasi input password kita berjalan sesuai yang kita harapkan.

Demikian untuk tutorial cara membuat validasi input password dengan PHP ini, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu baru berkunjung di website ini, jangan lupa simak seri tutorial belajar PHP dasar, yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post