Cara Membuat Variabel Pada Kotlin

Cara Membuat Variabel Pada Kotlin

Setelah sebelumnya kita belajar membuat hello world Kotlin, kemudian pada tutorial ini kita akan belajar membuat variabel pada Kotlin. Variabel merupakan suatu tempat yang berfungsi untuk menyimpan data atau nilai pada suatu bahasa pemrograman. Dalam membuat variabel pada Kotlin tentunya memerlukan sebuah nama, dan tentunya nama variabel tersebut juga memiliki beberapa aturan. Berikut merupakan beberapa aturan membuat variabel pada Kotlin :

  • Nama variabel tidak boleh menggunakan simbol, kecuali garis bawah (underscore)
  • Nama variabel tidak boleh diawali dengan angka atau simbol.
  • Dan sebagai tambahan, pada umumnya penulisan variabel pada Kotlin setiap huruf awal kata ditulis dengan huruf kecil, kemudian pada huruf awal setiap kata berikutnya diawali dengan huruf besar (Camel Case). Contohnya : namaVariabel, dataSiswa, nilaiUjian, dll.

Membuat Variabel Pada Kotlin

Untuk memulai membuat variabel pada Kotlin silakan buka project Kotlin sebelum tutorial ini. Kemudian buatlah file Kotlin baru, dengan cara klik kanan pada folder src, pilih New, dan klik Kotlin File/Class.

Gambar Membuat File Kotlin Baru

Selanjutnya beri nama file yang akan kita buat dengan nama Variabel, dan klik OK.

Gambar Memberi Nama File Kotlin

Jika berhasil maka akan terdapat file baru dengan nama Variabel.kt seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya tulislah kode dibawah ini pada file Variabel.kt.

Setelah kode diatas selesai kamu tulis silakan jalankan kode tersebut dengan cara klik ikon segitiga hijau, kemudian klik Run ‘VariabelKt’ seperti contoh gambar dibawah.

Gambar Contoh Menjalankan File Kotlin

Maka akan tampil tab Run dan menampilkan hasil dari kode yang kita tulis, yang hasil dari kode tersebut seperti gambar dibawah ini.

Gambar Hasil Kode Membuat Variabel Kotlin

Penjelasan Kode

  • Pada baris nomor 2 contoh diatas terdapat kode membuat variabel dengan nama variabel nama. Variabel tersebut memiliki nilai (value) “Lukman Sanjaya”, tentunya value tersebut type datanya string. Karena diapit dengan tanda kutip dua.
  • Selanjutnya pada baris nomor 3 terdapat kode var umur = 19, kode ini juga merupakan kode membuat variabel dengan type data Integer (Int) yaitu type data angka yang tidak memiliki koma.
  • Dan untuk baris nomor 4 (var kotaAsal = “Wonogiri”) juga merupakan sebuah variabel bertype data string (sama seperti variabel nama).
  • Selanjutnya untuk baris nomor 6 sampai 8 kita menampilkan tulisan beserta nilai dari masing-masing variabel. Contohnya pada baris nomor 8 terdapat kode println(“Kota Asal : ” + kotaAsal), kode ini berarti mencetak text “Kota Asal : “ ditambah dengan nilai dari variabel kotaAsal. Pada kode diatas variabel kotaAsal memiliki nilai “Wonogiri”, jadi pada console menampilkan “Kota Asal : Wonogiri”.

Membuat Variabel Kotlin Dengan Type Data

Pada contoh kode diatas kita telah berhasil membuat variabel pada Kotlin. Namun pada contoh tersebut pada saat membuat variabel kita tidak menentukan type data yang spesifik untuk variabel tersebut. Maka dari itu kita akan mempelajarinya pada poin ini.

Untuk menambahkan type data secara spesifik pada variabel Kotlin kamu cukup menambahkan titik dua dan nama type data setelah nama variabel tersebut saat membuat variabel. Contohnya var nama:String = “Lukman Sanjaya”, var umur:Int = 19, dan sebagainya.

Pada bahasa pemrograman Kotlin memiliki banyak type data, misalnya yaitu String, Int, Double, Boolean, dll. Namun pada tutorial awal ini kita cukup mengetahui String dan Int (integer) terlebih dahulu. Sekarang saatnya kita ubah kode yang kita tulis diatas, yaitu merubah pada nama variabel menjadi memiliki type data yang sesuai dengan valuenya. Dan kodenya setelah dirubah menjadi seperti berikut :

Pada kode diatas selain menambahkan type data pada variabel saya juga mengubah kode pada baris kode nomor 6 – 8, yaitu misalnya pada baris nomor 6 yang sebelumnya println(“Nama : ” + nama) menjadi println(“Nama : $nama”). Kita mengubah nama variabel menjadi masuk diantara tanda kutip, dan supaya dapat dijalankan sebagai variabel saya menambahkan tanda dolar pada variabel ($nama). Tentunya dengan penulisan seperti ini kode kita akan terlihat lebih bersih, dan kita juga dapat lebih mudah menulisnya.

Pada perubahan kode ini akan tetap mendapatkan hasil yang sama ketika dijalankan dan dibandingkan dengan kode sebelumnya.

Sebagai tambahan, apabila kamu membuat variabel dengan type data tertentu, namun kamu isi dengan type data yang berbeda maka akan terjadi error. Misalnya variabel type data string di isi dengan data integer.

Sebenarnya masih banyak pembahasan tentang variabel Kotlin ini, namun sebagai latihan dasar cukup seperti ini dulu. Silakan coba-coba bereksperimen membuat kode kamu sendiri. Dan apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial cara membuat variabel pada Kotlin ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post