Cara Membuka PhpMyAdmin Pada Browser

Cara Membuka phpMyAdmin

Halo semuanya pada tulisan kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuka phpMyAdmin atau mysql database pada browser. Sebenarnya tutorial cara membuka phpMyAdmin ini merupakan tutorial yang sangat basic sekali. Namun saya mendapati beberapa orang yang masih bingung untuk membuka phpMyAdmin ini. Maka dari itu saya jelaskan disini.

Sebelum masuk ke tutorial membuka phpMyAdmin sebaiknya pada laptop atau PC kamu harus sudah terinstall web server contohnya seperti XAMPP, WAMP, atau yang lainnya. Karena pada tutorial ini kita akan belajar membuka phpMyAdmin secera lokal, tujuannya supaya lebih mudah untuk dipraktekan. Dari beberapa pilihan web server pada tutorial ini saya akan menggunakan XAMPP, bagi kamu yang belum menginstall XAMPP dapat dilihat tutorialnya pada tulisan ini.

Cara Membuka PhpMyAdmin

Sebelum membuka phpMyAdmin pada browser kamu harus menjalankan XAMPP kamu terlebih dahulu, caranya silakan buka XAMPP dan klik Start pada Apache dan MySQL (bagian yang ditandai warna merah).

Gambar klik start Apache dan MySQL pada XAMPP

Setelah keduanya berhasil dijalankan dengan ditandai warna hijau seperti gambar dibawah ini, maka langkah selanjutnya buka browser kesayangan kamu. Pada tutorial ini saya menggunakan browser Google Chrome.

Gambar Apache dan MySQL pada XAMPP berhasil jalan

Setelah browser terbuka ketikan localhost di alamat url browser, maka kamu akan dihadapkan dengan halaman Welcome XAMPP seperti gambar dibawah. Dan untuk membuka phpMyAdmin silakan kamu klik menu phpMyAdmin yang ada di pojok kanan atas.

Gambar halaman Welcome to XAMPP

Setelah menu phpMyAdmin diklik dan kamu dibawa ke halaman phpMyAdmin, dan sampai disini kamu telah berhasil membuka phpMyAdmin atau mysql database pada browser.

Gambar phpMyAdmin atau mysql database terbuka

Selain itu kamu juga bisa menggunakan alamat url localhost/phpmyadmin untuk langsung menuju ke halaman phpMyAdmin. Dan sebagai catatan apabila phpMyAdmin kamu sudah diprotect dengan password maka saat kamu membuka halaman phpMyAdmin makan kamu diharuskan untuk memasukkan user dan password terlebih dahulu. Namun secara bawaan atau saat baru install XAMPP phpMyAdmin tidak menggunakan password.

Demikian untuk tutorial cara membuka phpMyAdmin pada browser, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar turorial ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi halaman seri tutorial PHP dasar untuk menambah wawasan kamu seputar pemrograman PHP dasar.


Kolom Komentar

Related Post