Cara Membulatkan Angka Desimal Di JavaScript

Cara Membulatkan Angka Desimal Di JavaScript

Pada seri sebelumnya kita cukup banyak bermain-main dengan angka, dan pada seri ini kita akan belajar membulatkan angka desimal di JavaScript. Angka desimal yaitu angka yang memiliki koma dibelakangnya. Untuk cara membulatkan angka desimal di JavaScript terdapat beberapa metode yaitu : round() untuk membulatkan ke angka terdekat dibelakang koma, ceil() membulatkan ke atas, dan floor() membulatkan kebawah. Untuk cara menggunakannya sebagai berikut.

Membulatkan Angka Desimal ke Angka Terdekat

Sudah dijelaskan diatas untuk membulatkan angka desimal ke angka terdekat menggunakan metode round(). Maksud dari membulatkan angka desimal ke angka terdekat yaitu apabila ada angka desimal 4.45 maka akan dibulatkan ke angka 4, dan jika ada angka 4.68 akan dibulatkan ke angka 5. Untuk cara menggunakan metode round() pada kode JavaScript silakan lihat contoh kode berikut :

Kode diatas akan menampilkan hasil kedalam console pada browser, untuk cara melihat console sudah dijelaskan pada seri sebelumnya. Kode diatas jika ditampilkan pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Membulatkan Angka ke Terdekat

Membulatkan Angka Desimal ke Atas

Maksud dari membulatkan angka desimal ke atas yaitu apabila terdapat seberapa kecil koma yang dimiliki dari angka maka akan dibulatkan ke atas. Misalnya jika terdapat angka desimal 4.10 maka akan dibulatkan ke 5, begitu juga dengan 4.98 juga akan dibulatkan ke 5. Untuk membulatkan angka desimal ke atas kita dapat menggunakan metode ceil(), cara menggunakannya sebagai sebagai berikut :

Kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Membulatkan ke Atas

Membulatkan Angka Desimal ke Bawah

Ini merupakan kebalikan dari metode ceil(), untuk membulatkan angka desimal ke bawah menggunakan metode floor(). Maksud dari membulatkan angka kebawah yaitu apabila angka desimal terdapat koma seberapa besar maka angka tersebut akan dibulatkan kebawah. Misalnya 4.10 akan dibulatkan menjadi 4, dan 4.98 akan dibulatkan menjadi 4 juga. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode berikut ini :

Dari kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Membulatkan ke Bawah

Saya kira cukup jelas untuk seri belajar cara membulatkan angka desimal di JavaScript ini. Apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post