Cara Memotong String Di PHP

Cara Memotong String Di PHP

Dalam keperluan tertentu kita pasti memerlukan untuk memotong string di PHP yang sudah disimpan didalam variabel. Ntah string itu akan diambil isi di bagian depan, tengah, atau belakangnya saja. Misalnya kita memiliki sebuah variabel dengan type data string yang memiliki value “Sedang Belajar PHP”. Dalam kondisi tertentu kita hanya ingin menampilkan “Sedang” saja, dan kemudian pada kondisi yang lain lagi kita hanya ingin menampilkan “PHP” saja.

Untuk cara memotong string di PHP kita bisa menggunakan function substr(). Function substr() memerlukan 2 buah argumen, dan biasa ditambah 1 buah argumen lagi yang sifatnya opsional. Argumen pertama berupa variabel string yang akan dipotong, dan argumen ke dua dan ke tiga merupakan argumen nomor index untuk memotong variabel string. Argumen nomor index yang digunakan merupakan type data angka yang bisa bernilai positif atau negatif.

Memotong string PHP menggunakan function substr() memiliki beberapa variasi, yang variasinya dapat kamu lihat di beberapa contoh kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas terdapat variabel $data dengan value “Belajar PHP Dasar”, kemudian variabel tersebut dipotong dengan perintah substr($data, 3). Pada perintah tersebut angka 3 berarti memotong string pada variabel $data pada nomor index 3 (yaitu huruf “l“). Karena nomor index dimulai dari angaka 0 (nol). Sehingga hasil pemotongan tersebut menghasilkan string “ajar PHP Dasar” yang disimpan dalam variabel $potong.

Pada contoh pemotongan string diatas akan menghasilkan “PHP Dasar” karena spasi juga ikut dihitung yang memiliki nomor index.

Pada contoh kode diatas function substr() memiliki 3 buah argumen, jika memiliki 3 buah argumen seperti diatas maka argumen yang ketiga merupakan batasan berapa banyak karakter yang akan diambil. Jadi dari contoh kode diatas akan memotong string pada nomor index 3, dan akan mengambil 8 karakter. Maka hasilnya “ajar PHP”.

Pada contoh diatas jika argumen ke tiga bilangan negatif seperti contoh diatas (substr($data, 2, -3)), maka akan mengambil karakter dimulai nomor index 2 dan 3 karakter terakhir dari variabel tersebut tidak diambil. Sehingga akan menghasilkan “lajar PHP Da”.

Pada beberapa contoh diatas kita menggunakan argumen kedua dalam function substr() menggunakan angka positif. Sedangkan apabila menggunakan angka negatif maka akan mengambil karakter dari akhir string. Contohnya sebagai berikut :

Dari contoh kode diatas maka akan mengambil 5 karakter string yang ada dibelakang, maka hasilnya yaitu “Dasar”.

Selain itu juga bisa mengkombinasikan dengan parameter ketiga, jika angka positif berarti membatasi karakter yang akan diambil, dan angka negatif berarti tidak mengambil karakter terakhir, yang jumlah karakternya sesuai angka negatif itu sendiri. Misalnya :

Demikian, dan saya kira penjelasan cara memotong string di PHP ini cukup jelas, namun apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan sampaikan pada kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi list seri tutorial PHP Dasar yang ada di website ini, yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post