Cara Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP

Cara Menentukan Bilangan Ganjil Genap Dengan PHP

Pada tutorial kali ini kita saya akan memberikan tutorial cara menentukan bilangan ganjil genap dengan PHP. Dalam bahasa pemrograman PHP untuk menentukan bilangan ganjil genap cukup mudah, kamu hanya memerlukan perulangan for, kondisi (if), dan modulus. Modulus adalah sisa hasil bagi, misalnya jika 5 dibagi 2 dari pembagian tersebut sisa hasil baginya yaitu 1 (5 : 2 = 4, sisa 1) maka modulusnya adalah 1. Sekarang langsung saja kita ke pokok pembahasan yaitu sebagai berikut.

Menentukan Bilangan Ganjil Pada PHP

Sekarang langsung saja kita simak contoh kode menentukan bilangan ganjil seperti berikut:

Sekarang silakan tulis dan simpan contoh kode diatas, pada tutorial ini saya menyimpannya dengan nama bilangan-ganjil.php dan dalam directori C:\xampp\htdocs\belajar-web\. Selanjutnya silakan jalankan XAMPP kamu, setelah itu silakan jalankan contoh kode yang sudah ditulis seperti diatas. Apa bila kamu menyimpan dengan nama dan directory yang sama dengan tutorial ini, maka untuk menjalankan kode tersebut akses url localhost/belajar-web/bilangan-ganjil.php. Maka akan tampil seperti contoh gambar berikut ini:

Gambar Hasil Contoh Kode Menentukan Bilangan Ganjil Dengan PHP

Pada contoh kode diatas merupakan contoh kode untuk menampilkan bilangan ganjil antara angka 1 sampai 20, maka setelah kode dijalankan tampil seperti contoh gambar diatas.

Penjelasan Kode:

  • Pada baris nomor 3 terdapat awal kode perulangan for, yaitu for($bil = 1; $bil <= 20; $bil++). Maksud dari $bil = 1 dalam for yaitu sebagai nilai awal dimulainya perulangan. $bil <= 20 yaitu sebagai syarat perulangan, apabila nilai dari variabel $bil masih lebih kecil atau sama dengan 20 maka perulangan masih terus dijalankan. Dan $bil++ merupakan increment, maksudnya setiap satu siklus perulangan selesai maka variabel $bil akan ditambah nilai 1. Jadi variabel $bil nilainya akan terus berubah-ubah sesuai jalannya perulangan. Apabila kamu ingin membuat kode untuk mengetahui bilangan ganjil 1 sampai 100 maka kamu dapat mengubah $bil <= 20 menjadi $bil <= 100.
  • Selanjutnya pada baris nomor 4 terdapat kode if( ($bil % 2) == 1) (Tanda % disebut modulus / sisa hasil bagi). Kode tersebut merupakan kode if, atau kode logika dari program. Dalam kode if tersebut memiliki syarat ($bil % 2) == 1, pada contoh ini kode yang dijalankan $bil % 2 terlebih dahulu. Kode $bil % 2 merupakan kode $bil modulus 2, misal apabila dalam perulangan $bil bernilai 4, jadi 4 % 2 adalah 0 ( 4 sisa bagi hasil 2 adalah 0). Kemudian apabila $bil bernilai 5, jadi 5 % 2 adalah 1 (5 sisa hasil bagi 2 adalah 1). Selanjutnya hasil dari modulus tersebut akan diuji apakah sama dengan angka 1 (==1). Misalnya hasil modulus adalah 0, jadi 0 == 1 akan menghasilkan nilai false maka tidak menjalankan kode didalam if. Tetapi apabila hasil dari modulus 1, jadinya 1 == 1 maka akan menghasilkan nilai true. Dan akan menjalankan kode didalam if yaitu pada baris nomor 5.
  • Dan pada baris nomor 5 terdapat kode echo “$bil <br>”;. Kode echo digunakan untuk menampilkan tulisan ke layar monitor, jadi echo “$bil <br>”; menampilkan tulisan “$bil <br>”, $bil merupakan variabel bilangan yang nilainya berubah-ubah (yang nilainya sebelumnya sudah difilter dalam kode if). Dan <br> merupakan tag HTML yang memberi jarak kebawah.

Menentukan Bilangan Genap Pada PHP

Langsung saja kita lihat contoh kode menentukan bilangan genap seperti berikut:

Dari contoh kode diatas apabila dijalankan maka akan menghasilkan seperti contoh gambar dibawah ini:

Gambar Hasil Contoh Kode Menentukan Bilangan Genap Dengan PHP

Dalam contoh kode menentukan bilangan genap diatas hampir mirip dengan contoh kode menentukan bilangan ganjil. Perbedaannya yaitu terdapat pada kode if pada baris nomor 4, pada menentukan bilangan genap menggunakan if( ($bil % 2) == 0) dan pada menentukan bilangan ganjil menggunakan if( ($bil % 2) == 1).

Demikian untuk tutorial cara menentukan bilangan ganjil dan genap dengan PHP, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu masih baru dalam belajar PHP kamu dapat mengunjungi seri tutorial PHP dasar yang ada di Cara Kode ini, yang mungkin dapat menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post