Cara Mengetahui dan Mengatasi Error Pada JavaScript

Cara Mengetahui dan Mengatasi Error Pada JavaScript

Mungkin di seri sebelumnya kamu sudah menulis kode JavaScript dan kode tersebut tidak jalan sebagaimana mestinya. Itu berarti terdapat kesalahan dalam penulisan kode JavaScript, karena pada bagian viewport browser tidak menampilkan error, maka seperti tidak ada error pada penulisan kode JavaScript kita.

Cara Mengetahui Error Pada JavaScript

Sebagai contoh untuk mengetahui error pada JavaScript kita akan mencoba menulis kode JavaScript yang salah. Kode JavaScript ini dari seri sebelumnya yaitu pada seri membuat variabel, dan berikut adalah kode JavaScript yang sudah saya rubah menjadi salah :

Kemudian silakan tulis kode diatas dengan teliti kemudian simpan dengan nama js_error.html, kemudian buka pada browser. Pada contoh ini saya membukanya pada browser Google Chrome. Dari contoh kode diatas maka akan terjadi error atau tidak jalan sebagai mana mestinya. Pada contoh ini alert tidak keluar.

Gambar Alert Tidak Keluar

Untuk mengetahui errornya pada bagian mana silakan klik kanan pada browser chrome, kemudian pilih Inspeksi (Ctrl + Shift + I), perhatikan bagian yang ditandai kotak merah.

Gambar Klik Kanan Pada Browser Chrome

Maka akan keluar seperti gambar dibawah ini, selanjutnya pilih tab Console.

Gambar Contoh Klik Tab Console

Pada tab console inilah jika ada error pada JavaScript terdapat tulisan warning warna merah.

Gambar Contoh Error

Pada contoh ini keterangan error tertulis “Uncaught ReferenceError: dataawal is not defined at js_error.html:8”, yang maksudnya variabel dataawal¬†tidak didefinisikan pada js_error.html:8. Sedangkan masud dari “js_error.html:8” yaitu pada file bernama js_error.html pada baris nomor 8. Sekarang kita lihat pada kode kita pada baris nomor 8 tersebut.

Ternyata pada baris nomor 8 penulisan dataawal salah atau tidak sesuai dengan variable yang sudah kita definisikan sebelumnya. Yang seharusnya kita tulis dengan dataAwal (Tulisan A pada Awal menggunakan huruf besar). Pada JavaScript penulisan variabel harus sama persis (huruf besar kecil) saat kita mendefinisikan, atau disebut dengan case sensitif.

Tips Mengatasi Error Pada JavaScript

Untuk cara mengatasi error pada javascript supaya penanganannya lebih mudah atau tidak sering terjadi error pada penulisan kode kamu, sebaiknya kamu perhatikan beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan kode JavaScript. Kesalahan yang sering terjadi menurut Cara Kode yaitu sebagai berikut :

  1. Lupa memberi titik koma (semicolon) pada akhir baris kode.
  2. Salah dalam penulisan nama variabel atau fungsi saat memanggilnya.
  3. Penggunaan tanda sama dengan satu (=) dan sama dengan dua (==). Penggunaan sama dengan satu digunakan untuk memberi nilai pada sebuah variabel, sedangkan penggunaan sama dengan 2 digunakan untuk perbandingan. Umumnya programmer pemula juga sering melakukan kesalahan ini.
  4. Terdapat penulisan alur logika yang salah.

Pada contoh diatas pada poin 3 dan 4 kita belum mempelajarinya, dan akan kita pelajari pada seri berikutnya. Ini hanya sebagai wawasan saja apabila suatu saat kode yang kamu tulis terdapat error atau tidak berjalan sebagai mana mestinya kamu sudah memiliki gambaran untuk memperbaiki atau mengetahui letak kesalahannya. Mungkin dari poin diatas masih ada beberapa poin kesalahan lagi.

Saya rasa cukup jelas untuk penjelasan cara mengatasi error pada javascript ini, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.


Kolom Komentar

Related Post