Cara Menggabungkan Array Pada JavaScript

Cara Menggabungkan Array Pada JavaScript

Pada seri ini kita akan belajar cara menggabungkan array pada JavaScript, untuk menggabungkannya menjadi satu kamu dapat menggunakan metode concat. Tujuan dari menggabungkan array ini misalnya ingin menampilkan banyak data array yang namanya berbeda-beda, dan ingin menggabungkan dalam satu variabel array sehingga saat ngeprint (mengeluarkan) data tersebut menjadi lebih mudah dalam satu perulangan. Untuk cara menggunakannya silakan perhatikan contoh kode berikut ini :

Pada contoh kode diatas pada baris nomor 12 dan 13 terdapat dua buah array yaitu siswaKelas1 dan siswaKelas2. Kemudian kedua array tersebut digabungkan menjadi satu array dan kemudian disimpan dalam variabel total (baris nomor 14). Jadi variabel total berisi data array yang merupakan gabungan dari array siswaKelas1 dan siswaKelas2. Selanjutnya data dari variabel total diprint menggunakan innerHTML (baris nomor 15) yang mengisi tag HTML paragraf pada pertama.

Sedangkan pada baris nomor 17 terdapat sebuah array lagi yang bernama siswaKelas3. Pada baris nomor 18 menggabungkan tiga bauh array yaitu array siswaKelas1, siswaKelas2, dan siswaKelas3 menjadi satu dalam variabel total2. Selanjutnya variabel total2 juga diprint menggunakan innerHTML yang mengisi tag HTML paragraf kedua.

Dari contoh kode diatas jika ditampilkan dalam browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Menggabungkan Array Pada JavaScript

Selain contoh diatas kamu juga bisa menggabungkan banyak array menjadi satu (tidak terbatas 3 array saja), yang setiap nama arraynya dipisahkan dengan tanda koma. Misalnya :

Demikian untuk penjelasan cara menggabungkan array pada JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan silalan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Dan apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list deri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin bisa menambah wawasan kamu tentang JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post