Cara Menggunakan WiFi Debugging Android Studio

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi tips yaitu cara menggunakan WiFi Debungging untuk membuat aplikasi menggunakan Android Studio. Biasanya saat membuat aplikasi Android untuk proses debuging atau testing aplikasi yang dibuat bisa menggunakan emulator Android atau real smartphone (HP) Android. Namun untuk menggunakan emulator Android membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi, dan bagi yang memiliki spesifikasi komputer atau laptop yang pas-pasan seperti saya bisa menggunakan real device dari Android, yaitu HP Android yang kita miliki. Pada umumnya saat proses debugging menggunakan real device menggunakan kabel USB, namun menurut saya itu kabel USB yang menghubungkan antara HP dengan laptop agak mengganggu dan saya juga sering beberapa kali kabel USB tersebut terlepas dengan sendirinya.

Karena masalah tersebut selanjutnya saya mencari cara bisakah menggunakan WiFI debungging untuk terhubung ke Android Studio. Dan saat itu saya menemukan sebuah solusi pada sebuah halaman stack overflow. Yang caranya kurang lebih sebagai berikut (sebelum menggunakan wifi debugging pastikan baca catatan dibawah) :

1. Koneksikan Device atau HP Android kamu ke WiFi kamu sendiri, dan pastikan kamu mengetahui alamat ip HP tersebut. Untuk mengetahui alamat ip cara mudahnya bisa dilihat pada rincian jaringan wifi yang terhubung. Contoh alamat ip dapat dilihat seperti gambar dibawah ini pada bagian yang diberi tanda kotak merah.

Contoh Gambar Rincian WiFi Yang Connect

2. Koneksikan Device atau HP Android kamu ke Komputer atau Laptop kamu menggunakan kabel USB. Dan pastikan debungging pada HP kamu sudah aktif.

3. Buka CMD dan ketik perintah adb tcpip 5555. Ini untuk membuat HP Android untuk mendengarkan koneksi pada port 5555.

Contoh Menjalankan Perintah adb tcpip 5555

4. Selanjutnya cabut Kabel USB.

5. Kembali ke CMD dan jalankan perintah adb connect <ALAMAT_IP_DEVICE>:5555 perintah tersebut akan menghubungkan adb dengan device yang sudah di set pada langkah nomor 3. Alamat ip device merupakan alamat ip dari hp Android kamu, karena alamat ip hp android saya 192.168.8.100 maka saya menggunakan perintah adb connect 192.168.8.100:5555.

Contoh Menjalankan Perintah adb connect <ALAMAT_IP_DEVICE>:5555

6. Dan sekarang kamu sudah bisa menggunakan wifi debugging, silakan buka Android Studio kamu dan coba jalankan sebuah project.

Cara Menggunakan WiFi Debugging Android Studio

Jika hp kamu tidak terdeteksi pada Android Studio kamu bisa mengulangi perintah adb connect <ALAMAT_IP_DEVICE>:5555 pada CMD. Dan apabila hp kamu habis mati atau restart silakan kamu ulangi seluruh langkah diatas.

Catatan: Pastikan saat menggunakan wifi debunging ini menggunakan koneksi wifi pribadi, karena jika tidak perangkat lain yang terhubung ke jaringan wifi yang sama dapat terhubung ke perangkat hp Android kamu dalam kondisi debug, ini sangat berbahaya.

Demikian untuk tips cara mengunakan wifi debungging untuk Android Studio, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar wifi debugging ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post