Cara Menghitung Jumlah Data Dalam Array Pada JavaScript

Cara Menghitung Jumlah Data Dalam Array Pada JavaScript

Setelah kita belajar tentang array di JavaScript mungkin dalam kasus tertentu kamu ingin mengetahui berapa jumlah data dalam array. Tapi biasanya ini digunakan untuk syarat perulangan, sedangkan kita akan belajar perulangan di seri yang akan datang. Dan pada seri ini hanya sebagai pengetahuan terlebih dahulu.

Untuk cara menghitung jumlah data dalam array pada JavaScript kamu memerlukan sebuah metode length. Metode length ditulis dengan cara menuliskan nama array lalu diberi tanda titk (dot) kemudian length, contohnya :

Supaya lebih jelas kamu dapat melihat contoh kode dibawah ini :

Perhatikan contoh 1 pada baris kode nomor 12 sampai 14 diatas, terdapat sebuah array yang bernama namaSiswa. Kemudian array tersebut dihitung jumlah datanya dengan cara menggunakan kode namaSiswa.length dan dimasukan ke dalam variabel jmlSiswa. Selanjutnya pada baris nomor 14 nilai variabel jmlSiswa dikeluarakan (print) dalam pada console yang akan menghasilkan angka 4. Sedangkan untuk penjelasan contoh 2 hampir mirip dengan contoh 1, namun saat menghitung jumlah data dalam array tidak disimpan dalam variabel tapi langsung dikeluarkan dalam console. Dan bagi kamu yang masih bingung tentang console silakan baca disini.

Dari contoh kode diatas jika dibuka dalam browser dan membuka console browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Menghitung Jumlah Data Array Pada JavaScript

Demikian untuk penjelasan menghitung jumlah data dalam array pada javascript, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post