Cara Menghitung Jumlah Karakter String Dengan JavaScript

Cara Menghitung Jumlah Karakter String Dengan JavaScript

Pada seri ini kita akan belajar menghitung jumlah karakter string dengan JavaScript. Untuk cara menghitungnya cukup mudah, kamu hanya memerlukan metode length. Metode length akan mengembalikan nilai angka. Cara menggunakannya kamu cukup menulis nama variabel kemudian tanda titik dan ditambah length (namaVar.length). Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh kode berikut ini :

Dari contoh kode diatas terdapat sebuah tag peragraf kosong yang akan diisi oleh JavaScript menggunakan metode innerHTML. Pada baris nomor 8 kita telah menguji bahwa yang dihasilkan dari metode lenght adalah angka (number) dengan cara menjumlahkan hasil dari metode length dengan angka 10. Dan hasilnya yaitu 18, karena variabel string1 memiliki nilai 8 dan ditambah 10, jadi hasilnya 18.

Contoh kode diatas jika dibuka pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Menggunakan Metode length

Demikian untuk pembahasan mengenai cara menghitung jumlah karakter string dengan JavaScript, apabila kamu menemui kesulitan atau punya pertanyaan mengenai tutorial ini silakan tanyakan di kolom komentar. Dan apabila kamu menemui seri ini dari mesin pencari, dan ingin mengikuti seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode silakan menuju ke link ini.


Kolom Komentar

Related Post