Cara Menguji Syarat Menggunakan Switch Case Pada JavaScript

Cara Menguji Syarat Menggunakan Switch Case Pada JavaScript

Pada Seri sebelumnya kita sudah belajar menguji syarat menggunakan if else di JavaScript. Selanjutnya pada seri ini kita akan belajar cara menguji syarat menggunakan switch case pada JavaScript. Perbedaan menggunakan switch case dibanding menggunakan if else yaitu nilai yang akan kita uji nilainya pasti, maksudnya tidak lebih besar dari, lebih kecil dari, dan lain sebagainya. Selain itu karena kode switch case pendek (gampang) untuk ditulis maka kamu dapat menggunakan switch case untuk menguji yang memiliki syarat yang banyak, jika dibanding menggunakan if else yang kodenya lumayan panjang. Untuk contoh menggunakan swict case silakan lihat contoh kode dibawah ini.

Dari contoh kode diatas contoh switch case pada baris nomor 12 sampai 33. Pada bari nomor 12 terdapat sebuah keyword switch yang menguji variabel nilaiAndi yang memiliki nilai 7. Selanjutnya pada baris nomor 13 terdapat kode¬†case 10: yang artinya akan mencocokan nilai 10 dengan nilai yang terdapat dalam variabel nilaiAndi. Karena tidak cocok maka akan langsung menjalankan case 9: yang ada di baris nomor 16, dan begitu seterusnya sampai menemui nilai yang cocok. Kemudian pada baris nomor 22 terdapat case 7: yang cocok dengan nilai variabel nilaiAndi. Karena nilainya cocok JavaScript akan menjalankan kode yang ada didalam case 7: yaitu alert(“Andi Mendapatkan Nilai 7”);. Selain kode alert kamu juga dapat menambahkan perintah kode lainnya sesuai yang kamu inginkan, tapi jangan lupa memberikan perintah break; pada akhir kode, yang tujuannya untuk menghentikan switch case tersebut dan tidak menjalankan kode dibawahnya lagi yang berada dalam switch case. Dan apabila nilai yang diuji tidak ada yang cocok maka kode yang akan dijalankan yang terdapat dalam default (baris nomor 31).

Dari contoh kode diatas jika ditampilkan pada browser maka akan tampil seperti berikut :Gambah Hasil Contoh Kode Switch Case Pada JavaScript

Selain menggunakan syarat angka seperti contoh diatas kamu juga dapat menggunakan syarat string untuk diuji dalam switch case. Caranya juga sama, untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Dari contoh kode diatas akan tampil seperti berikut :

Gambah Hasil Contoh Kode Switch Case Pada String JavaScript

Demikian untuk seri belajar cara menguji syarat menggunakan switch case pada JavaScript. Apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan pada kolom komentar dibawah. Serta apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin dapat menambah wawasan kamu tentang bahasa pemrograman JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post