Cara Menjalankan File PHP Pada XAMPP

Pada tutorial ini kita akan membahas cara menjalankan file PHP pada XAMPP. Tutorial ini kita memerlukan 2 buah aplikasi yaitu text editor dan XAMPP. Text editor digunakan untuk menulis kode PHP yang akan kita buat, kamu bisa menggunakan Notepad, Notepad++, VS Code, atau sebagainya. Sedangkan untuk XAMPP merupakan aplikasi web server yang nantinya akan kita gunakan untuk menjalankan file php yang telah kita buat.

Cara Menjalankan File PHP Pada XAMPP

Bagi kamu yang belum memiliki XAMPP kamu dapat download XAMPP pada website resminya melalui link ini. Atau kamu juga dapat mengikuti cara install XAMPP yang pernah saya buat sebelumnya, yaitu pada tulisan ini. Apabila semuanya sudah siap mari kita mulai tutorialnya. Namun sebelum masuk ke poin utama yaitu cara menjalankan file PHP maka tentunya kita perlu memiliki file PHP itu sendiri. Maka dari itu kita mulai dari membuat file PHP secara sederhana.

Cara Membuat File PHP

Untuk membuat file PHP langkah pertama kita buka text editor terlebih dahulu (pada contoh ini saya menggunakan Notepad++). Setelah Text editor dibuka maka silakan tulis contoh kode dibawah ini.

Setelah contoh kode diatas selai ditulis pada Notepad++, maka langkah selanjutnya silakan simpan kode tersebut pada folder htdocs XAMPP kamu yaitu pada directory C:\xampp\htdocs. Namun untuk memudahkan didalam folder htdocs tersebut saya membuat folder lagi bernama belajar-php. Jadi directory yang akan saya gunakan untuk menyimpan file tersebut menjadi C:\xampp\htdocs\belajar-php.

Contoh Directory htdocs Untuk Menyimpan File PHP

Kembali lagi ke Notepad++ silakan Klik File > Save seperti contoh gambar dibawah (Perhatikan tanda kotak merah).

Contoh Gambar Menyimpan FIle PHP Pada Notepad++

Setelah klik save maka akan tampil pilihan folder tempat menyimpan file, silakan pilih directory yang sudah kita siapkan sebelumnya yaitu C:\xampp\htdocs\belajar-php. Kemudian untuk File name silakan tulis dengan nama index.php dan untuk Save as type pilih PHP Hypertext Prosesor file (php), dan jangan lupa klik Save. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh gambar dibawah, terutama bagian yang ditandai kotak merah.

Langakah Menyimpan FIle PHP Pada Notepad++

Maka setelah mengikuti langkah diatas didalam directory C:\xampp\htdocs\belajar-php sudah terdapat file php yang sudah kita buat, yaitu bernama index.php.

Contoh File PHP Berhasil Kita Buat

Cara Menjalankan File PHP

Untuk menjalankan file PHP langkah pertama kita perlu menjalankan web server kita terlebih dahulu, yang pada tutorial ini web server kita menggunakan XAMPP. Untuk menjalankan web server XAMPP langkah pertama tentunya membuka aplikasi XAMPP.

Contoh Tampilan XAMPP Web Server

Setelah XAMPP berhasil dibuka, maka silakan klik start untuk menjalankan web server (silakan lihat gambar diatas terutama bagian yang ditandai kotak merah). Setelah klik start maka ketika web server berhasil jalan ditandai dengan tombol start berubah menjadi stop dan pada label Apache berubah menjadi memiliki background hijau, dan juga memiliki PID dan Port seperti contoh gambar dibawah.

Gambar Contoh XAMPP Berhasil Jalan

Selanjutnya silakan buka web browser favorit kamu, kamu bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, atau sebagainya. Namun pada tutorial ini saya menggunakan Google Chrome. Setelah web browser berhasil terbuka silakan tulis url localhost/belajar-php/index.php maka pada browser akan tampil seperti contoh gambar dibawah ini.

Contoh Gambar File PHP Berhasil Jalan

Sampai disini kamu telah berhasil menjalankan file PHP. Sekarang kita bahas penjelasan kode yang sudah kita tulis diatas. Pada bari pertama terdapat kode <?php kode ini merupakan kode pembuka PHP, dan untuk penutupnya terdapat pada baris nomor 7 yaitu ?>. Semua yang ada diantara kode pembuka dan kode penutup PHP tersebut akan dieksekusi sebagai kode PHP.

Pada baris nomor 3 terdapat kode echo “Ini adalah contoh file PHP”;. Kode echo maksudnya menampilkan hasil, jadi disini kode echo “Ini adalah contoh file PHP” yaitu menampilkan tulisan Ini adalah contoh file PHP, dan tanda titik koma (;) setelah kode tersebut berarti menandai akhir baris dari kode PHP. Setiap akhir baris kode PHP harus memiliki tanda titik koma ini. Dan selanjutnya pada baris nomor 4 dan 5 intinya sama dengan baris nomor 3. Namun ada perbedaan pada baris nomor 4 yaitu echo “<br>”;. Tanda <br> merupakan tag HTML yang berfungsi untuk membuat baris baru pada halaman HTML. Jadi kode tersebut untuk memisahkan antara hasil dari kode nomor 3 dan 5. Jadi jika tidak ada kode baris nomor 4 ini maka tulisan akan menyambung disebelah kanannya.

Demikian untuk tutorial cara menjalankan file PHP pada XAMPP ini, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi halaman seri tutorial PHP dasar yang mungkin terdapat tutorial PHP yang menarik untuk kamu pelajari.


Kolom Komentar

Related Post