Cara Menulis Atau Membuat Perulangan For Pada JavaScript

Cara Menulis Atau Membuat Perulangan For Pada JavaScript

Perulangan sangat diperlukan dalam bahasa pemrograman, apabila kita ingin menulis kode program yang sama secara berulang-ulang beberapa kali kita dapat memanfaatkan copy paste. Namun dengan copy paste akan membuat kode kita menjadi terlihat banyak. Dan bayangan apabila ingin mengulang kode yang sama 50 atau 100 kali dengan cara copy paste, tentunya itu sangat merepotkan dan menyulitkan. Maka dari itu supaya lebih mudah kita memerlukan kode perulangan salah satunya perulangan for.

Untuk cara menulis atau membuat perulangan for pada JavaScript kamu memerlukan 4 perintah yaitu : kondisi awal perulangan, kondisi akhir perulangan (syarat perulangan), increment / decrement (kenaikan / penurunan nilai dalam perulangan), dan yang terakhir baris kode yang ingin diulang. Dan perulangan for dapat ditulis sebagai berikut :

Penjelasan :

  • Kondisi awal berupa variabel dengan nilai angka, miaslnya var i = 1.
  • Kondisi akhir bisa juga disebut syarat berisi angka perbandingan dari variable kondisi awal, misalnya i<=5 (variabel i lebih besar sama dengan 5). Apabila variabel i belum mencapai angka lebih besar atau sama dengan 5 maka perulangan akan terus berjalan sampai memenuhi syarat tersebut.
  • Kenaikan / penurunan nilai kondisi atau bisa juga disebut increment / decrement, misalnya i = i+1. Artinya variabel i akan ditambah 1 setiap perulangan terjadi. Kode i = i+1 dapat ditulis singkat menjadi i++ (increment).

Supaya lebih mudah memahaminya silakan simak contoh kode perulangan for pada JavaScript dibawah ini :

Pada contoh kode diatas kode perulangan for terletak pada baris nomor 11 sampai 13. Pada baris nomor 11 terdapat kode for(var i=1; i<=5; i=i+1) yang artinya sudah saya jelaskan diatas yaitu var i=1 merupakan kodisi awal, i<=5 yaitu syarat kondisi akhir, dan i=i+1 yaitu kenaikan nilai atau disebut increment (biasanya increnment ditulis dengan i++). Selanjutnya pada baris nomor 12 terdapat kode console.log(“Contoh perulangan for JavaScript”); Kode inilah yang akan diulang-ulang. Kamu juga bias menulis kode yang ingin diulang beberapa baris selama masih berada didalam kurung kurawal kode for. Dari kode diatas jika dibuka pada browser kemudian buka console maka akan tampil seperti berikut (perhatikan bagian yang ditandai kotak merah) :

Gambar Hasil Contoh Kode Perulangan For Pada JavaScript

Supaya kamu memahami apabila kode yang diulang lebih dari 1 baris saya berikan contohnya, misalnya sebagai berikut :

Selain dari contoh kode diatas yang hanya mengeprint tulisan ke console kamu juga dapat menulis kode JavaScript lainnya misalnya menampilkan alert, melakukan perhitungan penjumlahan, perkalian, pembagian, dan lain sebagainya. Namun dengan catatan jangan lupa menulis tanda titik koma pada akhir baris kodenya. Contoh kode diatas akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Perulangan Lebih Dari Satu Baris

Selain itu kamu juga bisa menggunakan nilai variabel i didalam perulangan, contoh kodenya seperti berikut :

Karena nilai variabel i terus bertambah maka hasil perulangan yang menampilkan nilai variabel i juga ikut bertambah.

Gambar Hasil Contoh Kode Menggunakan Variabel Nilai Kondisi Perulangan

Pada beberapa contoh kode diatas pada nilai kondisi perulangan menggunakan incerment (i++), selain itu untuk perulangan kamu juga bisa menggunakan kondisi decrement. Decrement kebalikan dari increment yang kodenya bisa ditulis i–, yang artinya variabel i akan dikurangi 1 setiap dijalankan. Untuk lebih mudahnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas selain menggunakan nilai kondisi decrement didalam for juga terdapat logika if else yang sudah kita pelajari sebelumnya. Dari kode diatas jika dibuka dalam browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Perulangan Menggunakan Nilai Kondisi Decrement

Demikian untuk penjelasan cara menulis atau membuat perulangan for pada JavaScript, selain contoh perulangan diatas perulangan for juga bisa dibuat menjadi perulangan bersarang (Nested Loop) yang intinya perulangan didalam perulangan ada perulangan lagi, dan mungkin akan saya jelaskan di seri selanjutnya. Demikan apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Serta apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin dapat menambah wawasan kamu tentang bahasa pemrograman JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post