Cara Menulis Kode JavaScript Pada HTML

Cara Menulis Kode JavaScript Pada HTML

Sebelum menulis kode Javascript ada beberapa hal yang perlu dipersiapan yaitu sebuah text editor dan browser. Text editor misalnya seperti Notepad (bawaan Windows), Notepad++, VS Code, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh browser misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan lain sebagainya. Namun pada tutorial ini saya akan menggunakan Notepad++ sebabagai text editor dan Google Chrome sebagai browser. Apabila sebelumnya kamu sudah belajar HTML dasar kamu sudah tidak kesulitan lagi untuk mempersiapkan ini, dan juga saya sarankan untuk belajar JavaScript pastikan kamu sudah mengetahui HTML dasar. Karena pada seri balajar JavaScript ini memerlukan tag-tag HTML.

Menulis Kode JavaScript Pada HTML

Didalam HTML kode JavaScript ditulis dalam tag script, tag script diawali dengan <script> dan memiliki tag penutup </script> (<scritp></script>). Didalam tag itulah kode JavaScript ditulis. Apabila kamu menulis kode diluar tag script maka kode JavaScript tidak berfungsi. Untuk lebih jelasnya silakan tulis contoh kode dibawah ini kemudian simpan dengan nama kode_pertama.html :

Setelah kode tersebut disimpan maka buka pada browser, pada contoh ini saya buka di browser Google Chrome, maka akan muncul tampilan alert seperti gambar dibawah ini :

Hasil Gambar Menulis Kode JavaScript Pada HTML

Sebagai informasi setiap browser yang berbeda menampilkan alert dengan desain yang berbeda. Maka dari itu kamu jangan kaget atau bingung ketika kamu menggunakan browser lain tampilan alertnya berbeda.

Penjelasan Kode

Pada contoh kode diatas pada baris nomor 5 sampai 7 terdapat tag script, didalam tag tersebut pada baris no 6 terdapat kode alert(“Belajar JavaScript”);. Kode tersebut adalah kode JavaScript yang berfungsi membuat alert dengan tulisan “Belajar JavaScript” (tanpa tanda kutip). Ketika kode tersebut dijalankan maka akan tampil seperti gambar diatas. Pada contoh ini tag script dan kode JavaScript berada didalam tag head, selain itu tag script dan kode JavaScript bisa ditulis didalam tag body.

Demikian penjelasan tentang menulis kode JavaScript Pada HTML, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri tutorial ini silakan sampaikan di kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post