Cara Merubah String Menjadi Angka Atau Integer Pada JavaScript

Cara Merubah String Menjadi Angka Atau Integer Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya sudah dibahas apabila kita menambahkan variabel angka type data string (var x = “10”) jika ditambahkan dengan angka mana hasilnya bukan operasi penjumlahan, namun hanya menyambung tulisan yang ditambahkan.

Namun apabila kamu menemui kasus ingin menjalankan operasi aritmatika pada variabel angka type data string maka variabel tersebut harus dirubah terlebih dahulu menjadi type data number, setelah itu kamu dapat melakukan operasi aritmatika.

Untuk cara merubah atau konversi type data string menjadi angka atau integer pada JavaScript kamu dapat menggunakan fungsi global pada JavaScript yaitu, Number() untuk merubah menjadi number, dan parseInt() untuk merubah menjadi type data integer. Fungsi global pada JavaScript yaitu fungsi yang otomastis ada atau dibuat oleh pengembang JavaScript, jadi kita tinggal menggunakannya saja. Untuk cara menggunakan fungsi Number() dan parseInt() kamu cukup memasukkan nama variabel yang ingin dikonversi diantara kurung siku salah satu fungsi. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas terdapat beberapa tag span kosong yang akan diisi oleh JavaScript menggunakan innerHTML. Dari beberapa contoh kode diatas bisa kita lihat jika menggunakan fungsi Number() string yang memiliki angka pecahan tidak dihilangkan nilai setelah koma (lihat baris nomor 26 – 28), kemudian apabila menggunakan parseInt() maka string yang memiliki angka pecahan (nilai koma) akan dihilangkan (tidak dibulatkan) contohnya lihat baris nomor 34 – 36. Namun kelebihan menggunakan parseInt() apabila variabel yang ingin dikonversi memiliki karakter huruf maka karakter tersebut akan dihilangkan hanya disisakan angka saja (lihat baris nomor 38 – 40), sedangkan apabila menggunakan fungsi Number() yang dihasilkan akan menjadi NaN, singkatan dari Not a Number (lihat contoh baris nomor 43 dan 47).

Dari contoh kode diatas jika ditampilkan pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Merubah String ke Integer Pada JavaScript

Apabila kamu ingin membalik dari number (angka) ke string caranya menggunakan fungsi String(namaVariabel), cara penggunaannya hampir sama dengan contoh kode diatas.

Demikian untuk penjelasan cara merubah string menjadi angka atau integer pada JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu mengetahui seri ini dari mesin pencari seperti google dan ingin mempelajari seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode silakan kunjungi seri tutorial belajar JavaScript dasar.


Kolom Komentar

Related Post