Cara Validasi Form Input Email Menggunakan PHP

Cara Validasi Form Input Email Menggunakan PHP

Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar membuat validasi form input password, kemudian pada tutorial kali ini kita akan belajar cara validasi form input email menggunakan PHP. Validasi email maksud dari tutorial ini, kita akan mengecek input isian email, apakan format email yang dimasukkan sudah benar atau belum.

Supaya lebih mudah saya akan menggunakan file hasil dari latihan sebelumnya, yang dapat kamu lihat pada link ini. Dan kode validasi email yang akan kita gunakan seperti ini :

Pada kode diatas terdapat function filter_var(), yang berfungsi untuk memfilter isi dari sebuah variabel. Pada contoh diatas function filter_var() menggunakan 2 buah argumen. Argumen yang pertama merupakan nama variabel yang akan di cek datanya, dan argumen kedua merupakan nama filter, pada contoh ini karena ingin filter email maka menggunakan nama filter FILTER_VALIDATE_EMAIL. Kemudian apabila function filter_var($email, FILTER_VALIDATE_EMAIL), jika variabel $email hanya berisi data email yang benar, maka function tersebut akan return true.

Nah cara kerja dari blok kode if diatas yaitu, apabila variabel $email berisi alamat email dengan format benar, maka function filter_var() diatas akan return true. Kemudian sebelum function filter_var() terdapat tanda negasi (!). Yang fungsinya untuk membalik nilai boolean, jika nilai boolean true maka akan menjadi false, begitu juga dengan sebaliknya. Jadi jika filter_var() return true maka akan menjadi !true, dan hasilnya false, dan berarti tidak menjalankan blok kode yang ada didalam if tersebut.

Tetapi jika variabel $email berisi data yang memiliki format bukan email, maka function filter_var() akan return false. Dan !false akan menjadi true, itu artinya akan menjalankan blok kode yang ada didalam baris if tersebut.

Sebagai catatan, function filter_var() masih memiliki beberapa nama filter lainnya, untuk mengetahui lebih detail dengan function ini, dapat kamu lihat di dokumentasi website PHP.

Sekarang kita gunakan contoh kode validasi form input email diatas kedalam file latihan sebelumnya. Tentunya kita tambahkan kode pendukung lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah, dan untuk kode yang baru ditambahkan di blok.

Selanjutnya silakan tulis contoh kode validasi diatas pada Notepad++ atau code editor lainnya. Kemudian simpan dengan nama validasi-email.php, dan tentunya disimpan didalam folder htdocs xampp kamu. Pada contoh ini saya menyimpannya directory C:\xampp\htdocs\Latihan PHP Dasar. Selanjutnya apabila kamu menyimpan file tersebut sama dengan contoh ini, silakan jalankan kode diatas dengan url :

Maka akan tampil sebuah form register seperti gambar dibawah.

Gambar Hasil Contoh Kode Validasi Form Input Email Menggunakan PHP

Kemudian kita coba isi input email dengan data yang buka email, setelah klik Register maka akan menampilkan keterangan “Format email salah.” seperti gambar dibawah :

Selanjutnya kita coba isi alamat email dengan benar, jika menampilkan keterangan “Selamat semua input sudah diisi dengan benar.” maka itu artinya kita telah berhasil membuat validasi email dengan PHP.

Demikian untuk tutorial cara validasi form input email menggunakan PHP ini, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini, silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu baru berkunjung di website ini, jangan lupa simak seri tutorial belajar PHP dasar, yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post