Cara Validasi Form Input Hanya Boleh Huruf Dengan PHP

Cara Validasi Form Input Hanya Boleh Huruf Dengan PHP

Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas tentang validasi input kosong, kemudian pada tutorial ini kita akan belajar validasi form input hanya boleh huruf saja dengan PHP. Biasanya validasi seperti ini digunakan untuk validasi username dalam form registrasi. Karena bisanya username hanya dibolehkan huruf saja, tanpa spasi dan tanda-tanda lain. Pada tutorial ini saya akan memanfaatkan kode latihan sebelumnya. Bagi kamu yang ingin melihat tutorial sebelumnya kamu dapat kunjungi melalui link ini.

Untuk mengikuti tutorial ini dipastikan kamu sudah memahami PHP dasar, supaya lebih mudah memahaminya. Dan langsung saja silakan tulis kode validasi username seperti contoh kode ini :

Silakan tulis dan simpan contoh kode diatas, simpan dengan nama validasi-huruf.php, dan tentunya disimpan didalam folder htdocs xampp kamu. Pada contoh ini saya menyimpannya directory C:\xampp\htdocs\Latihan PHP Dasar. Selanjutnya apabila kamu menyimpan file tersebut sama dengan contoh ini, silakan jalankan kode diatas dengan url :

Maka akan tampil sebuah form register seperti gambar dibawah.

Gambar Hasil Contoh Kode Validasi Form Input Hanya Boleh Huruf Dengan PHP

Kemudian silakan coba isi semua data pada form input, namun pada input username silakan coba kasih tanda selain huruf a-z dan A-Z. Misalnya seperti tanda titik, koma, spasi atau lain sebagainya. Pada contoh ini saya menggunakan tanda spasi. Dan kemudian klik Register, maka dibawah input username akan tampil keterangan “Hanya huruf yang diijinkan, dan tidak boleh menggunakan spasi.”, seperti gambar dibawah.

Selanjutnya silakan isi semua input dengan benar, yaitu pada input username hanya berisi huruf a-z dan A-Z. Kemudian klik Register, maka akan menampilkan keterangan “Selamat semua input sudah diisi dengan benar.”.

Penjelasan Kode

Pada penjelasan kode mungkin yang perlu dijelaskan yaitu hanya function preg_match(), karena function trim() dan empty() sudah dijelaskan di tutorial sebelumnya. Namun bagi kamu yang memiliki pertanyaan seputar kode diatas, silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.

Function preg_match() digunakan untuk mencari pola tertentu pada sebuah string menggunakan regex (Regular Expression). Pada contoh kode diatas yaitu pada baris nomor 30 terdapat kode if(!preg_match(“/^[a-zA-Z]*$/”,$username)). Function preg_match(“/^[a-zA-Z]*$/”,$username) berarti mencari tulisan dengan pola yang hanya memiliki huruf a-z dan A-Z, didalam variabel $username. Maksudnya jika didalam variabel $username hanya memiliki huruf diantara a-z dan A-Z maka akan menghasilkan (return) nilai true. Namun jika terdapat karakter lain, misalnya seperti koma, titik, spasi, dan lain sebagainya akan menghasilkan (return) nilai false.

Nah didalam syarat if tersebut terdapat tanda negasi (tanda seru “!”). Itu berari jika hasil dari function preg_match() return true, kemudian diberi tanda negasi sebelum function tersebut (!preg_match()) maka nilainya menjadi false, dan begitu juga sebaliknya.

Jadi misal pada variabel $username terdapat spasi, maka function preg_match() pada contoh diatas akan return false. Dan kemudian diberi tanda negasi, jadi negasi false (!false) akan menjadi true. kerana syarat if tersebut true, maka menjalankan kode yang ada didalam blok kode if yang terdapat pada baris 31 dan 32.

Saya kira cukup jelas untuk penjelasan tutorial cara validasi form input hanya boleh huruf dengan PHP ini. Namun apa bila kamu masih memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post