Contoh Program PHP Menggunakan If Else

Contoh Program PHP Menggunakan If Else

Pada tutorial kali ini kita akan membuat contoh program PHP menggunakan if else secara sederhana. Program ini nantinya akan menggunakan tampilan sebuah form input yang tampil pada browser. Dan ketika form tersebut di submit maka data yang dikirim dari form tersebut akan diproses oleh PHP menggunakan kode if, else if, dan else.

Untuk mengikuti tutorial ini pastikan kamu sudah sedikit paham tentang HTML dan PHP. Namun bagi kamu yang belum paham keduanya juga akan saya jelaskan. Dan pada contoh program ini kita akan menggunakan untuk mengetahui grade nilai dari A sampai D. Berikut adalah contoh programnya.

Contoh Program PHP mengggunakan If Else

Langsung saja kita tulis contoh kode programnya seperti berikut:

Setelah selesai menulis contoh kode diatas dan disimpan ke path C:\xampp\htdocs\latihan lalu beri nama grade.php. Kemudian jalankan kode tersebut pada browser dengan menggunakan url localhost/latihan/grade.php. Namun sebelumnya XAMPP kamu sudah dijalankan terlebih dahulu, apabila kamu sudah benar menulis kode diatas maka akan tampil seperti gambar dibawah:

Gambar Hasil Contoh Program PHP Menggunakan If Else

Sekarang silakan coba-coba masukkan nilai antara 0-100, pada contoh ini saya akan coba memasukkan nilai 95 maka akan menghasilkan “Nilai: 95 Mendapatkan Grade: A” seperti contoh gambar dibawah:

Hasil Contoh Program PHP Menggunakan If Else

Penjelasan Kode:

Pada contoh kode diatas pada baris nomor 9 – 12 terdapat sebuah tag HTML form. Tag form tersebut memiliki atribut method=”POST” yang artinya data yang dikirim menggunakan metode post, dan atribut action=”grade.php” yang artinya data dikirim ke file grade.php yaitu yang merupakan file itu sendiri. Didalam form tersebut terdapat sebuah input text (baris no 10), yang memiliki atribut name=”nilai”. Kemudian pada baris nomor 11 terdapat tag HTML input type submit, input ini memiliki atribut name=”submit” dan value=”Kirim”. Atribut name=”submit” berarti dalam php akan diterima sebagai variabel $_POST[‘submit’], dan value=”Kirim” berarti tampilan tombol submit tersebut akan memiliki tulisan text Kirim.

Sekarang kita lanjut ke penjelasan kode PHP if else. Pada baris nomor 10 dan 11 terdapat kode $nilai = “”; dan $grade = “”;, kode tersebut berarti membuat variabel kosong dengan nama $nilai dan $grade. Variabel ini yang nantinya digunakan dalam kode if else.

Selanjutnya pada baris nomor 23 terdapat awal kode if seperti berikut if( isset($_POST[‘submit’]) ){. Maksud dari kode tersebut yaitu untuk mengetahui apakah tombol submit sudah di klik atau belum, jika sudah di klik maka akan menjalankan kode yang ada didalam blok kode if tersebut. Artinya jika sesuatu yang terdapat didalam kurung didalam if tersebut memiliki nilai boolean TRUE maka akan menjalankan blok kode if didalamnya. Pada contoh ini kode yang terdapat didalam kurung if tersebut adalah isset($_POST[‘submit’]. Isset() maksudnya untuk mengecek suatu variabel pada PHP, apabila variabel tersebut sudah di set (dibuat) maka akan menghasilkan nilai true. Dan kode $_POST[‘submit’] maksudnya sebuah variabel array, variabel ini akan diset (memiliki nilai) apabila tombol submit (Kirim) yang ada di form HTML di klik. Jadi kode isset($_POST[‘submit’]) akan menghasilkan nilai true apabila tombol kirim pada HTML sudah di klik. Untuk lebih jelas tentang penjelasan if dan penjelasan isset kamu dapat membukanya link tersebut.

Pada baris nomor 25 terdapat kode $nilai = $_POST[‘nilai’]; yang maksudnya kode $_POST[‘nilai’] merupakan array yang berisi nilai dari input nilai yang berasal dari form HTML, kemudian pada kode tersebut disimpan kedalam variabel $nilai.

Pada baris nomor 27 terdapat kode if( ($nilai >= 90) ){, kode ini merupakan kode awal if lagi. Yang maksudnya kode tersebut akan mengecek kondisi jika variabel $nilai isinya lebih besar dari atau sama dengan 90 maka akan menjalankan kode yang didalam blok kode if tersebut (baris no 28), yang kodenya $grade = “A”;. Kode $grade = “A”; maksudnya yaitu memasukkan text A kedalam variabel $grade. Namum jika variabel $nilai kuarng dari 90 maka akan menjalankan kode else if dibawahnya.

Pada baris nomor 29 terdapat kode else if( $nilai >= 80 ){ yang artinya jika variabel nilai lebih besar dari atau sema dengan 80 maka akan menjalankan kode didalam else if tersebut (no 30). Pada baris nomor 30 terdapat kode $grade = “B”; penjelasan kode ini sama dengan pada baris nomor 28, namun akan dimasukkan text B.

Untuk penjelasan kode baris nomer 31 sampai 34 juga hampir mirip dengan penjelasan baris nomor 29. Yang akan kita jelaskan selanjutnya yaitu pada baris nomor 35 – 37, yaitu terdapat blok kode else. Blok kode else akan dijalankan apabila semua syarat if dan else if tidak ada yang sesuai. Pada kode tersebut variabel $grade akan diisi dengan text “Nila yang anda masukkan salah, silakan coba lagi”.

Kemudian pada baris nomor 39 terdapat kode echo “Nilai: $nilai Mendapatkan Grade: $grade”; yang artinya menampilkan tulisan dan variabel yang ada didalam tanda kutip tersebut.

Demikian untuk penjelasan contoh program PHP menggunakan if else. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar contoh program ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu baru mengunjungi di website Cara Kode, silakan simak seri tutorial belajar PHP dasar, yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrogramman PHP.


Kolom Komentar

Related Post