Membuat Hello World Menggunakan Kotlin Di IntelliJ

Membuat Hello World Menggunakan Kotlin Di IntelliJ

Pada tutorial ini kita akan membuat hello world menggunakan Kotlin di IntelliJ IDEA. Tutorial ini merupakan kelanjutan dari seri sebelumnya, yaitu pada install IntelliJ IDEA di Windows 10. Tujuan dari membuat hello world kotlin menggunakan IntelliJ IDEA ini, untuk mengetahui apakah JDK dan IntelliJ IDEA sudah diinstall dengan benar di Windows kamu. Apabila sudah diinstall dengan benar maka contoh kode hello world kotlin yang akan kita tulis ini, tentunya dapat berjalan dengan benar dan sebagaimana mestinya.

Membuat Hello World Menggunakan Kotlin

Untuk memulai membuat hello world Kotlin di IntelliJ IDEA, tentunya kamu sudah membuka IntelliJ IDEA terlebih dahulu, dan juga sudah membuka project yang sebelumnya sudah kita buat. Kurang lebih tampillannya seperti contoh gambar dibawah ini.

Contoh Gambar Membuat Project Kotlin Selesai

Selanjutnya silakan klik tanda segitiga yang ada di sebelah kiri nama project (expand file project), pada contoh gambar diatas nama projectnya adalah BelajarKotlin. Setalah segitiga tersebut di klik (di expand), maka akan telihat folder dan file yang ada didalam project tersebut (contohnya lihat gambar dibawah). Selanjutnya silakan buat file Kotlin dengan cara klik kanan pada folder src pilih New dan klik Kotlin File/Class.

Gambar Membuat File Kotlin

Maka akan tampil sebuah pop up seperti gambar dibawah, yang fungsinya untuk mengisi nama file kotlin. Pada input Name silakan isi HelloWorld dan pada Kind silakan pilih File, dan jangan lupa klik OK.

Setelah klik OK maka didalam folder src terdapat file HelloWorld.kt, kt merupakan ektensi file Kotlin. Selanjutnya silakan buka file tersebut dan silakan tulis contoh kode hello world kotlin seperti contoh dibawah ini.

Bagi kamu yang benar-benar baru dalam bahasa pemrograman Kotlin, kamu tidak usah pusing terlebih dahulu dengan contoh kode diatas. Setelah kamu selesai menulis kode diatas silakan jalankan dengan cara klik kanan pada segitiga berwarna hijau yang terdapat di sisi kiri kode, dan klik Run ‘HelloWorldkt’.

Gambar Contoh Menjalankan Kode Kotlin

Maka pada bagian bawah akan muncul console IntelliJ, dan menampilkan tuliasan Hello World.

Gambar Hasil Kode Hello World Kotlin

Penjelasan Kode

Untuk penjelasan kode di awal seri tutorial ini yang perlu diketahui terlebih dahulu yaitu kode fun main(args: Array<String>), kode tersebut adalah kode fungsi main. Intinya dari fungsi main tersebut merupakan fungsi utama pada kotlin, fungsi tersebut yang pertama kali dijalankan. Dan kode println(“Hello World”)¬†merupakan perintah untuk mencetak tulisan Hello World pada console. Jadi jika kodenya dirubah menjadi println(“Halo Dunia”) maka pada console akan menampilkan Halo Dunia pula.

Demikian untuk tutorial membuat hello world menggunakan Kotlin di IntelliJ IDEA, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post