Membuat Komentar Pada Kotlin

Membuat Komentar Pada Kotlin

Sebelum ke tutorial membuat komentar pada Kotlin, kali ini saya akan sedikit bercerita yang mungkin bermanfaat. Pada hari ini yaitu saat sebelum¬†menulis postingan ini saya update IntelliJ IDEA. Dan setelah selesai update dan saya coba-coba bikin project baru dan menulis hello world dalam parameter fungsi main yang berisi kode args: Array<String> menjadi abu-abu dan ketika di hover mouse terdapat keterangan “since Kotlin 1.3 main parameter is not necessary”, yang maksudnya Kotlin 1.3 main parameter tidak diperlukan. Jadi ketika kita membuat project baru dengan menggunakan Kotlin 1.3 maka tidak memerlukan parameter pada fungsi main.

Bagi yang sudah update atau sekarang menggunakan Kotlin 1.3 bisa coba-coba tanpa menggunakan parameter fungsi main tersebut. Namun bagi kamu yang masih menggunakan Kotlin 1.2 atau dibawahnya masih sebaiknya tetap menggunakan parameter dalam fungsi main tersebut, dan langsung menuju ke poin membuat komentar. Sekarang kita coba ubah pada kode latihan tentang val dan var sebelumnya bisa tanpa menggunakan parameter pada fungsi main. Contohnya silakan lihat gambar dibawah.

Pada kode sebelumnya seperti gambar ini :

Contoh Kotlin 1.3 Masih Menggunakan Parameter Fungsi Main

Pada kode diatas terlihat dalam parameter fungsi main menjadi abu-abu, dan ketika dihover akan muncul keterangan “since Kotlin 1.3 main parameter is not necessary” seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Gambar Contoh Keterangan Parameter Fungsi Main Dihover

Dan bagi kamu yang sudah update Intell IDEA atau sudah menggunakan kotlin versi 1.3 bisa menghapus isi parameter main tersebut, dan kode programnya masih bisa berjalan sesuai yang diiginkan.

Contoh Kotlin 1.3 Tanpa Menggunakan Parameter Fungsi Main Kode Masih Berjalan

Namun apabila kamu masih menggunakan Kotlin versi 1.2 atau sebelumnya parameter yang terdapat pada fungsi main masih diperlukan, dan sebaiknya jangan dihapus.

Membuat Komentar Pada Kotlin

Sekarang saatnya ke pokok dari tutorial ini yaitu membuat komentar pada Kotlin. Komentar pada umumnya ada disetiap bahasa pemrograman. Komentar ini akan dibaca oleh manusia (programer itu sendiri). Tujuannya untuk dokumentasi atau memberi catatan pada baris atau blok kode yang di inginkan. Kenapa diperlukan komentar?, karena untuk pengingat atau mempermudah penulis kode itu sendiri atau programer lain apabila ingin mengembangkan atau mengubah kode tersebut di kemudian hari. Apalagi saat kita membuat aplikasi dalam bentuk tim, maka komentar ini sangat diperlukan untuk programer lain supaya lebih mudah membaca oleh programer lain. Komentar akan diabaikan oleh compiler dan tidak dijalankan sebagai kode program, karena komentar tidak termasuk baris perintah program. Jadi apabila ada kode didalam komentar maka kode tersebut juga tidak akan di jalankan juga oleh compiler.

Pada Kotlin terdapat dua macam komentar yaitu komentar untuk satu baris yang diawali dengan tanda garis miring ganda //, dan komentar untuk beberapa baris sekaligus diawali dengan tanda /* dan di tutup dengan tanda */. Jadi jika ada kode diantara tanda /* dan */ kode tersebut tidak dieksekusi oleh compiler.

Supaya lebih paham langsung saja kita praktek membuat komentar. Silakan buka kembali latihan sebelumnya yang tentang perbedaan val dan var. Lalu berikan beberapa komentar seperti contoh kode dibawah ini:

Pada contoh kode diatas contoh komentar terdapat pada baris nomor 2, 4 – 9, 11, 14, 18, dan 23 – 26. Apabila kode diatas dijalankan maka hasilnya akan tetap sama saja dengan sebelumnya.

Hasil Kode Tetap Sama Dengan Sebelum Diberi Komentar

Beberapa komentar diatas hanyalah contoh, pada umumnya komentar hanya ditulis pada bagian kode yang diangap diperlukan saja. Demikian tutorial tentang komentar pada Kotlin, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini kamu dapat menyampaikannya pada kolom komentar dibawah. Dan untuk melihat daftar isi seri tutorial Kotlin dasar dapat kamu kunjungi halaman ini.


Kolom Komentar

Related Post