Membuat Login Sederhana PHP Tanpa Database

Membuat Login Sederhana PHP Tanpa Database

Pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat halaman login sederhana PHP tanpa database. Tujuan tutorial ini supaya bisa memberi gambaran sebelum membuat login yang sebenarnya dengan database. Selain itu juga untuk mempermudah ketika kamu mempelajari sistem login PHP dengan menggunakan database pada selanjutnya.

Pada sistem login tanpa database ini kita akan menggunakan email dan password sebagai metode login. Dan didalam kode validasi login kita hanya menggunakan if untuk mencocokkan apakah email dan password yang dimasukkan sudah benar. Jika keduanya benar kita akan membuat session dan session tersebut ditampilkan pada halaman profil.

Sebagai catatan pada tutorial ini kita hanya menggunakan kode PHP dan HTML saja, tanpa adanya kode CSS atau JavaScript. Dan pastinya tampilan dari hasil latihan ini tidak menarik. Ini dilakukan supaya kita lebih fokus ke fungsi sistem login, yang tanpa adanya tambahan kode-kode lainnya supaya lebih mudah dipahami bagi yang sangat pemula.

Login Sederhana PHP Tanpa Database

Sebelum kita mulai kita buat folde bernama “LoginSederhana” didalam htdocs kita.

Gambar Folder LoginSederhana di htdocs

Selanjutnya buat file index.php dalam folder yang kita buat diatas. File index.php ini kita gunakan sebagai halaman login kita dan juga sebagai file yang berfungsi untuk cek apakah email dan password yang dimasukkan user sudah benar atau belum. Dan ketika email dan password benar kita akan membuat session di file ini. Maka dari itu kita tulis kodenya seperti contoh dibawah ini:

Setelah kode diatas selesai ditulis dan disimpan, selanjutnya buat file profil.php. File ini digunakan untuk menampilkan session yang sebelumnya dibuat di file index.php. Dan berikut adalah kode file profil.php:

Selanjutnya kita buat file yang terakhir yaitu file logout.php. File ini fungsinya untuk menghapus session yang dibuat pada halaman index.php. Setelah session dihapus maka akan dibawa ke halaman login kembali. Dan berikut adalah kodenya:

Untuk penjelasan dari ketiga file diatas sudah dijelaskan di komentar pada setiap file. Sekarang saatnya kita coba jalankan kode yang telah kita buat diatas dengan akses url http://localhost/LoginSederhana/index.php tentunya sebelumnya XAMPP kamu sudah dijalankan. Maka akan tampil halaman seperti dibawah ini:

Halaman Login

Sekarang kita masukkan input email dan password sesuai yang terdapat pada kode if, yaitu dengan alamat email lukman@carakode.com dan password carakode selanjutnya klik login. Maka jika login berhasil dialihkan ke halaman profil seperti gambar dibawah.

Halaman Profil

Selanjutnya untuk keluar silakan klik link Keluar yang terdapat pada halaman profil.php, maka akan kembali ke halaman login kembali.

Apabila kamu login dengan email atau password tidak sesuai dengan yang terdapat didalam kode, maka pada form login menampilkan tulisan “Password atau email yang kamu masukkan salah”, seperti contoh gambar dibawah ini:

Gambar Contoh Login Salah

Demikian untuk latihan membuat login sederhana PHP tanpa database, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar latihan ini silakan tanyakan melalui kolom komentar. Dan apabila kamu ingin download file latihan ini silakan klik link ini.


Kolom Komentar

Related Post