Membuat Upload File Dengan PHP – Validasi Nama File

Membuat Upload File Dengan PHP - Validasi Nama File

Pada seri membuat upload file dengan PHP di seri sebelumnya kita sudah belajar membuat dua validasi yaitu validasi ukuran file dan format file. Pada seri tersebut belum ada validasi nama file, jadi jika ada user kebetulan upload file dengan nama yang sama namun isi gambarnya berbeda maka file yang namanya sama tersebut akan ditimpa dengan file yang baru di upload. Jadi pentingnya validasi nama file untuk menangani seperti itu.

Supaya lebih paham silakan coba sendiri terlebih dahulu, coba jalankan file PHP pada seri sebelumnya yaitu upload2.php. Kemudian siapkan sebuah gambar dengan format yang sama dengan file gambar yang kamu upload sebelumnya. Kemudian ubah nama file yang telah kamu siapkan dengan nama yang sama dengan file yang kamu upload sebelumnya. Selanjutnya upload file gambar yang namanya kamu ubah tersebut, maka file gambar sebelumnya akan hilang, dan diganti dengan file gambar yang baru saja kamu upload.

Validasi nama file intinya saat ada user yang upload file maka nama file tersebut akan di cek terlebih dahulu. Apabila sudah ada nama yang sama dalam folder upload maka nama file tersebut akan di ubah namanya (rename).

Pada contoh ini saya akan copy file PHP sebelumnya yang bernama upload2.php dicopy menjadi upload3.php. Kemudian edit file upload3.php menjadi seperti ini :

Kode diatas yang saya ubah pada tag HTML form action menjadi action=”upload3.php”. Kemudian sebelum function move_uploaded_file() saya tambah kode pengecekan file sudah ada atau belum dalam folder upload (baris nomor 25 – 29). Jika file ada maka nama file diubah menjadi gabungan antara hasil dari function time() dan digabung dengan angka acak antara 10000 – 99999.

Sekarang coba jalankan file upload3.php, selanjutnya upload file dengan nama dan format yang sama, yang sebelumnya sudah kamu upload. Maka file yang diupload terakhir namanya akan dirubah menjadi seperti ini :

Gambar Hasil Contoh Kode Upload FIle Dengan Validasi Nama File

Validasi nama seperti diatas masih ada celahnya, jika kebetulan ada user yang upload gambar dengan nama dan format yang sama dengan waktu bersamaan, dan hasil angka acak antara 10000 – 99999 kebetulan juga menghasilkan angka yang sama. Maka gambar yang diupload akan tertimpa juga. Namun itu kemungkinannya sangat kecil.

Demikian untuk seri belajar membuat upload file dengan PHP, dengan sub pambahasan validasi nama file. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan sampaikan dikolom komentar dibawah. Dan apabila kamu baru menemukan seri PHP dasar yang ada di website ini, kamu dapat mengunjungi list seri tutorial belajar PHP dasar yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post