Memotong Menghapus Dan Menambahkan Data Array Pada JavaScript

Memotong Menghapus dan Menambahkan Data Array Pada JavaScript

Untuk memotong menghapus dan menambahkan data array pada JavaScript memerlukan metode splice. Metode splice bisa memiliki lebih dari satu parameter, parameter yang pertama dan kedua berisi angka posisi array yang akan dilakukan operasi. Kemudian parameter ketiga dan selanjutnya bisa berisi type data yang akan ditambahkan kedalam array, misalnya number atau string.

Memotong atau Menghapus Array

Untuk memotong atau menghapus array pada JavaScript menggunakan metode splice memerlukan sebuah parameter nomor posisi data array yang akan dipotong. Misalnya apabila ingin memotong data array dari posisi data ke 3 maka kita memberi parameter 3 pada metode splice. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas terdapat sebuah array dengan nama siswa. Kemudian pada baris nomor 14 array tersebut dipotong pada posisi ke tiga “siswa.splice(3)”, dan hasil atau data yang dipotong tersebut dimasukan kedalam variabel potong. Maka array siswa berisi data : lukman,tono,doni. Dan array potong berisi data : retno,joni,yani,anis. Dari contoh kode diatas jika dibuka kedalam browser akan tampil seperti berikut :

Gambah Hasil Kode Memotong atau Menghapus Array

Memotong atau Menghapus Array Pada Posisi Tertentu

Untuk menghapus atau memotong array pada posisi data tertentu dengan Splice memerlukan 2 parameter angka yaitu parameter pertama untuk menentukan posisi awal menghapus, dan parameter kedua untuk menentukan berapa banyak data yang akan dihapus. Untuk data yang ada di posisi awal tidak terhapus. Contohnya silakan lihat kode dibawah :

Untuk penjelasan kode hampir mirip dengan penjelasan kode pada poin pertama, namun pada intinya atau dapat digambarkan supaya mudah dipahami, jika metode splice memiliki dua parameter sama saja memotong data array namun jumlah potongannya dibatasi sesuai angka pada parameter kedua. Jadi pada contoh kode diatas yaitu splice(3, 2) berarti memotong data array setelah posisi nomor 3, dan 2 data array yang akan dipotong.

Kode diatas jika dibuka pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Kode Menghapus atau Menghapus Array Pada Posisi Tertentu

Menghapus dan Menambahkan (Menyisipkan) Data Array

Untuk menambahkan (Menyisipkan) data array juga menggunakan metode splice, namun memiliki lebih dari 2 parameter. Untuk parameter pertama dan kedua penjelasannya sama dengan poin sebelumnya, namun jika tidak ingin menghapus data maka pada parameter ke 2 diberi angka 0. sedangkan untuk parameter ke 3 dan seterusnya berupa data yang akan ditambahkan kedalam array, data tersebut bisa berupa angka, string, dan lainnya. Contohnya silakan lihat kode dibawah ini :

Untuk penjelasan kode diatas hampir mirip dengan poin sebelumnya. Apabila kamu memahami poin sebelumnya pasti akan dengan mudah memahami contoh kode diatas. Dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Kode Menghapus dan Menambahkan Data Array

Demikian untuk seri belajar memotong menghapus dan menambahkan data array pada JavaScript dengan metode splice, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan dikolom komentar. Dan apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list deri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin dapat menambah wawasan kamu tentang JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post