Mengenal Fungsi Count Pada PHP

Mengenal Fungsi Count Pada PHP

Pada tutorial kali ini kita akan berkenalan dengan fungsi count pada PHP. Fungsi count pada PHP bisanya digunakan untuk mengetahui jumlah data yang terdapat pada array. Cara penggunaannya cukup mudah kamu tinggal memasukkan variabel array pada parameter fungsi count(). Dan biasanya fungsi count ini digunakan untuk perulangan yang melibatkan data array. Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh penggunaan fungsi count dibawah.

Contoh Fungsi Count Pada PHP

Langsung saja kita simak contoh kode dibawah ini.

Dari contoh kode diatas pada baris nomor 3 terdapat variabel $kota yang memiliki data array, kemudian pada baris nomor 5 terdapat fungsi count() yang sedang kita pelajari saat ini. Fungsi count() tersebut memiliki parameter $kota, yang berarti menghitung jumlah data pada variabel array $kota. Kemudian hasil dari hitungan tersebut disimpan ke variabel $jml_kota. Selanjutnya pada baris nomor 7 terdapat kode echo $jml_kota, yang maksudnya mencetak atau menampilkan isi dari variabel $jml_kota ke layar monitor. Dari contoh kode diatas akan menghasilkan angka 4.

Sebelum lanjut fungsi count untuk perulangan, saya ingin menjelaskan sedikit tentang array terlebih dahulu. Pada array apabila kita ingin menampilkan salah satu data kita harus menggunakan nomor index dari data array tersebut. Dan nomor index array dimulai dari angka nol (0). Misalnya pada contoh array diatas yaitu $kota = [“Tangerang”, “Jakarta”, “Bandung”, “Wonogiri”];, jika kita ingin menampilkan Tangerang berarti kita harus menggunakan nomor index nol, jadi $kota[0]. Dan untuk $kota[1] berarti Jakarta, dan begitu juga dengan selanjutnya. Untuk lebih jelasnya silakan simak contoh kode dibawah:

Dari contoh kode diatas hasilnya seperti ini:Gambar Hasil Menampikan Data Array

Sekarang saatnya kita lanjut ke fungsi count pada perulangan, misalnya pada perulangan for loop. Langsung saja kita simak contoh kodenya seperti ini:

Pada contoh kode diatas fungsi count terdapat pada baris nomor 5, yaitu untuk logika perulangan for. Dari hasil kode diatas pun hasilnya sama dengan kode sebelumnya, namun dengan penulisan kode yang lebih rapi.

Menampilkan Data Array Dengan Perulangan for dan fungsi count

Apabila kamu belum paham tentang perulangan for, saya sudah menjelaskan pada tulisan ini. Dan kamu juga dapat menyimak penjelasan tentang count ini di halaman resmi PHP yang ada dihalaman ini.

Demikian untuk penjelasan tentang fungsi count pada PHP, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu baru dalam belajar pemrograman PHP kamu dapat mempelajari seri tutorial PHP dasar yang ada di Cara Kode.


Kolom Komentar

Related Post