Mengenal Metode Angka Pada JavaScript

Mengenal Metode Angka Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah menggunakan beberapa metode angka. Selanjutnya pada seri ini kita akan belajar menggunakan metode angka pada JavaScript lebih banyak lagi. Metode yang akan kita pelajari pada seri ini yaitu : toFixed() untuk menentukan jumlah digit dibelakang koma yang kita inginkan, toString() untuk merubah type data angka ke string, random() untuk menghasilkan angka acak, min() untuk mencari angka terkecil, dan max() untuk mencari angka terbesar. Selain method angka yang saya sebutkan diatas masih ada method lainnya.

Untuk menggunakan beberapa method yang sudah disebutkan diatas silakan lihat kode dibawah ini :

Dari kode diatas jika dibuka pada browser maka akan tampil seperti berikut :Gambar Hasil Dari Kode Menggunakan Metode Angka (Number)

Pada baris nomor 17 akan menghasilkan string “13410” karena nilai dari variabel b dirubah menjadi setring dan di tambahkan 10, jadinya itu bukan operasi aritmatika namun hanya menyambungkan tulisan saja. Pada baris nomor 19 Math.random() akan menghasilkan bilangan desimal secara acak antara bilangan 0 sampai 1. Pada baris nomor 24 Math.min(c, d, e) akan mencari nilai terkecil dari variabel c, d, dan e. Kemudain pada baris nomor 25 Math.max(c, d, e) akan mencari nilai terbesar dari variabel c, d, dan e.

Semoga untuk penjelasan beberapa metode angka pada JavaScript ini cukup jelas, apa bila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar. Dan apabila kamu menemukan seri ini dari mesin pencari seperti google, jangan lupa lihat list seri JavaScript dasar yang ada di Cara Kode.


Kolom Komentar

Related Post