Mengenal ReadLine Pada Kotlin

Mengenal ReadLine Pada Kotlin

Pada seri tutorial ini kita akan belajar mengenal readLine pada Kotlin. ReadLine digunakan untuk mendapatkan input atau data dari user melalui terminal yang sedang menjalankan kode program, dalam contoh ini adalah Kotlin. Kemudian input atau data yang telah dimasukkan oleh user tersebut nantinya kita bisa olah dalam program kita. Untuk menggunakan readLine pada kotlin kamu cukup menggunakan fungsi readLine(). Supaya lebih jelas langsung saja kita ke contoh penggunaan readLine().

Sekarang silakan buka IntelliJ IDEA kamu dan buka project latihan kita sebelumnya, yaitu BelajarKotlin. Selanjutnya buatlah file Kotlin dengan nama BelajarReadLine. Setelah itu silakan tulis contoh kode seperti ini:

Selanjutnya simpan dan jalankan kode diatas, ketika kode dijalankan maka akan menampilkan tulisan “Silakan isi data:”, dan program akan menunggu user untuk memasukkan data (karena ada perintah readLine() pada baris 3).

Gambar Program Menunggu User memasukkan Data Pada ReadLine

Ketika user selesai memasukkan data dan tekan tombol enter pada keyboard, maka program akan dilanjutkan ke baris berikutnya hingga selesai, yaitu menampilkan tulisan seperti gambar dibawah ini:

Gambar Menampilkan Data Dari ReadLine Kotlin

Pada contoh diatas data yang dihasilkan dari readLine berupa string, karena secara default fungsi readLine mengembalikan value yang memiliki type data string. Lalu bagaimana apabila kita ingin mendapatkan user dengan type data lainnya?. Misalnya seperti integer double dan sebagainya?. Caranya cukup mudah silakan simak contoh kode dibawah ini.

Mendapatkan Data Integer Dari readLine

Bagi yang belum mengerti apa itu Integer, integer adalah bilangan bulat misalnya seperti 1, 2, 3, 10, 20, dan sebagainya. Selanjutnya bilangan tersebut bisa digunakan untuk operasi matematika seperti tambah, kurang, bagi, dan sebagainya. Sekarang langsung saja ke pokok poin ini yaitu mendapatkan data integer dari user, untuk itu silakan simak contoh kode dibawah:

Pada contoh kode diatas merupakan contoh kode untuk menghitung luas persegi secara sederhana. Panjang sisi persegi didapat data yang dimasukkan user, yaitu yang kodenya terdapat pada baris nomor 4 (var sisi:Int = readLine()!!.toInt()). Untuk merubah readLine supaya menghasilkan data integer kita memerlukan perintah .toInt() setelah fungsi readLine(). Dan Tanda seru dua kali (!!) berfungsi untuk memaksa menjadi Integer, agar tidak terjadi error. Selanjutnya pada baris nomor 5 merupakan rumus untuk menghitung luas persegi (sisi dikali dengan sisi). Dalam bahasa pemrograman, perkalian ditulis dengan simbol bintang (*).

Dari kode diatas jika dijalankan maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Contoh Gambar Mendapatkan Data Integer Dari readLine Kotlin

Mendapatkan Data Double Dari readLine

Double merupakan bilangan seperti integer, namun doubel menggunakan koma, misalnya 1.4, 3.5, 10.6, dan seterusnya. Untuk mendapatkan nilai double caranya mirip dengan cara mendapatkan nilai integer, kalau integer menggunakan toInt() untuk double menggunakan toDouble(). Berikut adalah contoh kodenya.

Dari kode diatas jika dijalankan akan tampil seperti contoh gambar dibawah.

Gambar Contoh Kode Mendapatkan Data Double Dari readLine Kotlin

Begitu juga untuk mendapatkan type data yang lainnya, kamu tinggal menggunakan to… dan type data yang diinginkan. Misalnya pada contoh gambar dibawah ini, baru ketik to pada IntelliJ IDEA sudah memberikan banyak saran.

Demikian untuk penjelasan tentang mengenal readLine pada Kotlin, karena ini baru tutorial awal dan inti dari tutorial ini untuk mengenal readLine maka saya tidak terlalu mendetail ke penjelasan mengenai type data. Untuk penjelasan type data mudah-mudahan saya bisa jelaskan secara mendetail pada tutorial yang lebih sesuai. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar tutorial ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Dan bagi kamu yang baru menemukan tutorial Kotlin dasar di Cara Kode jangan lupa silakan simak seri tutorial Kotlin lainnya.


Kolom Komentar

Related Post