Mengenal Scope Variabel Global Dan Local Pada JavaScript

Mengenal Scope Variabel Global Dan Local Pada JavaScript

Pada beberapa seri sebelumnya kita sudah belajar membuat function, kemudian pada seri ini kita akan belajar tentang scope variabel global dan local pada JavaScript. Scope (skope) variabel yaitu lingkup hidup variabel, maksudnya variabel tersebut bisa diakses dibagian tertentu namun juga bisa tidak dapat diakses dibagian tertentu. Pada seri sebelumnya kita terbiasa membuat variabel dengan var namaVariabel = “Isi Variabel”; yang berada di luar (tidak berada didalam fungsi), variabel tersebut disebut memiliki scope variabel global dan variabel tersebut dapat digunakan dimana saja (didalam function maupun diluar function). Namun apabila kamu membuat variabel didalam function maka ruang lingkup hidup variabel tersebut hanya berada didalam function itu saja, dan tidak dapat digunakan (diakses) diluar function. Misalnya kamu membuat variabel didalam function seperti dibawah ini :

Dari contoh kode diatas variabel isiText hanya memiliki lingkup hidup didalam function saya, dan tidak dapat diakses diluar function. Apabila kamu mencoba menggunakan variabel isiText diluar function maka akan terjadi error. Untuk lebih jelasnya silakan lihat beberapa contoh dibawah ini.

Contoh Kode Scope Variabel Global Dan Local Pada JavaScript

Supaya lebih paham sekarang silakan lihat contoh kode scope variabel global dan local di JavaScrip yang ada dibawah ini :

Dari contoh kode diatas terdapat 2 buah variabel yaitu text1 dan text2. Variabel text1 merupakan variabel global karena saat definisi variabel tersebut berada diluar, dan variabel tersebut dapat diakses dimana saja selama JavaScript masih terhubung dengan variabel tersebut. Sedangkan variabel text2 merupakan variabel lokal karena saat definisi variabel berada didalam function, dan variabel tersebut hanya memiliki lingkup hidup didalam function yang mendefinisikannya saja. Apabila kamu menjalankan function yang memiliki variabel lokal tersebut dan kemudian mencoba mengakses variabel lokal seperti contoh kode diatas maka akan terjadi error variable not defined (variabel tidak didefinisikan), dan hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Gambar Hasil Contoh Kode Scope Variabel Global Dan Local

Cara Membuat Variabel Global didalam Function Pada JavaScript

Dari penjelasan diatas apakah kamu bertanya-tanya, lalu bagaimanakah caranya membuat variabel global didalam function di JavaScript?. Tenang untungnya JavaScript dapat melakukan hal itu. Caranya saat kamu ingin membuat variabel global didalam function kamu langsung menuliskan nama variabelnya saja (tanpa menggunakan keyword var). Sekarang kita coba ubah contoh kode sebelumnya pada saat pendefinisian variabel didalam function yang variabelnya bernama text2 kita hapus keyword var nya, kurang lebih kodenya menjadi seperti ini :

Dari Contoh kode diatas variabel text2 yang tanpa keyword var saat membuatnya maka akan menjadi variabel global. Dan kita buktikan dengan menjalankannya bahwa kode diatas berjalan dengan normal tanpa terjadi error.

Hasil Gambar Membuat Variabel Global didalam Function

Saya rasa cukup jelas diseri belajar scope variabel global dan local pada JavaScript ini. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan bertanya di kolom komentar. Dan apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin dapat menambah wawasan kamu tentang JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post