Mengenal Type Data Boolean Pada JavaScript

Mengenal Type Data Boolean Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah belajar type data string, number, dan array. Dan pada seri ini kita akan belajar atau mengenal type data boolean pada JavaScript. Type data boolean merupakan type data yang unik karena hanya memiliki dua buah nilai yaitu true atau false. Yang artinya true adalah benar, dan false adalah salah. Untuk cara mendefinisikan type data boolean kamu bisa lihat contoh kode dibawah ini :

Dari contoh kode diatas pada baris nomor 12 terdapat sebuah variabel x yang bertype data boolean dan memiliki value true. Kemudian pada baris nomor 13 terdapat variabel y yang bertype data boolean dan memiliki value false. Dan pada baris nomor 15 dan 16 kita ngeprint kedua variabel tersebut menggunakan innerHTML. Dari contoh kode diatas jika dibuka dalam browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Membuat Type Data Boolean

Kegunaan type data boolean buka langsung diprint seperti contoh diatas, namun untuk menjalankan logika pada website yang dibuat. Misalnya seperti sistem login atau sistem belanja online dan lain sebagainya. Hampir semua website yang menggunakan bahasa pemrograman memerlukan logika jika user melakukan sesuatu pada website maka akan menampilkan atau melakukan sesuatu. Untuk pembahasan soal menggunakan logika pada website akan kita pelajari pada seri selanjutnya.

Walau type data boolean hanya memiliki dua nilai tapi ini sangat penting, dan kamu harus memahaminya. Demikian untuk seri mengenal type data boolean pada JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar dibawah. Dan apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin dapat menambah wawasan kamu tentang bahasa pemrograman JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post