Mengenal Type Data Number (Angka) Pada JavaScript

Mengenal Type Data Number (Angka) Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah membahas mengenai type data string pada JavaScript. Kemudian pada seri ini kita akan membahas type data number (angka) pada JavaScript. Type data number merupakan type data yang dapat dioperasikan matematika misalnya seperti tambah, kurang, kali, bagi, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Type Data Number (Angka) Pada JavaScript

Untuk cara membuat type data number (angka) pada JavaScript kita memerlukan sebuah variabel dengan nama tertentu kemudian variable tersebut diisi dengan nilai angka, contohnya sebagai berikut :

Selain itu kamu juga bisa menggunakan angka yang memiliki koma, namun yang perlu diingat penulisan tanda koma pada JavaScript menggunakan tanda titik (.), jadi penulisannya seperti berikut :

Perbedaan penulisan type data angka dengan string yaitu jika menulis type data angka tidak menggunakan tanda kutip. Sedangkan jika menulis type data string maka menggunakan tanda kutip. Apabila kamu menulis angka dengan menggunakan tanda kutip diantara angka tersebut maka akan menjadi string, contohnya :

Operator Aritmatika Angka Pada JavaScript

Sudah saya singung diatas bahwa type data angka dapat digunakan untuk operator aritmatika seperti tambah, kurang, kali, bagi, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya hampir sama seperti perhitungan matematika yang sesungguhnya. Pada JavaScript operator perkalian dan pembagian lebih didahulukan daripada pengurangan dan pembagian. Sedangkan modulus (sisa hasil bagi) sama kuat dengan perkalian atau pembagian. Apabila kita menginginkan penjumlahan atau pengurangan terlebih dahulu dilakukan kita dapat menggunakan tanda kurung dalam perintah JavaScript, contohnya (6 + 9) : 2.

Operator matematika pada JavaScript terdapat sedikit perbedaan dengan operator matematika yang sesunguhnya. Untuk penulisan perkalian ditulis dengan tanda bintang (*), pembagian ditulis dengan garis miring (/), pengurangan ditulis dengan tanda min (-), penjumlahan ditulis dengan tanda plus (+), dan modulus atau sisa hasil bagi ditulis dengan tanda persen (%). Serta apabila kita lihat pada matematika yang sesunguhnya misal 10 + 5 = 15 yaitu tanda sama dengan terdapat setelah proses perhitungan. Namun pada JavaScript hasil = 10 + 5 yaitu tanda sama dengan terdapat sebelum proses perhitungan, dan nilainya tersimpan pada variabel yang terdapat sebelum tanda sama dengan. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh berikut ini :

Dari contoh diatas maka akan tampil seperti berikut :Gambar Hasil Operator Aritmatika Pada JavaScript

Pada contoh kode diatas terdapat beberapa tag span kosong, tag span ituah yang akan diisi JavaScript dari hasil operator aritmatika menggunakan innerHTML. Dari kode diatas mungkin yang perlu dijelaskan pada baris nomor 39 sampai 41, yaitu pada variabel nilai7 karena menggunakan tanda kutip maka pada variabel nilai7 bukan type data angka. Jika variable nilai7 ditambah dengan variabel nilai8 yang memiliki type data angka maka akan dilakukan seperti pengabungan string yaitu “18” + 10 hasilnya “1810”.

Demikian penjelasan tentang mengenal type data number (angka) pada JavaScript, apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan di kolom komentar.


Kolom Komentar

Related Post