Menghitung Keliling Dan Luas Persegi Panjang Dengan PHP

Menghitung Keliling Dan Luas Persegi Panjang Dengan PHP

Pada tutorial belajar PHP ini kita akan belajar membuat kode menghitung keliling dan luas persegi panjang dengan PHP. Untuk menghitung keliling dan luas persegi panjang kita memerlukan nilai panjang dan lebar dari persegi panjang yang akan dihitung, maka dari itu dalam tutorial ini kita akan membuat form yang terdapat dua buah input yang fungsinya digunakan untuk memasukkan nilai panjang dan lebar dari persegi panjang.

Sekarang kita tulis kodenya, dan kodenya sebagai berikut :

Simpan kode diatas dengan nama persegi-panjang.php, tentunya disimpan didalam folder htdocs xampp kamu. Pada contoh ini saya menyimpannya directory C:\xampp\htdocs\Latihan PHP Dasar. Selanjutnya jalankan kode diatas dengan url localhost/Latihan PHP Dasar/persegi-panjang.php, maka akan tampil sebuah form yang memiliki 2 buah input yaitu input untuk nilai panjang dan lebar dari persegi panjang. Sekarang masukkan nilai panjang dan lebar dari persegi panjang kedalam form tersebut.

Gambar Hasil Contoh Kode Menghitung Keliling Dan Luas Persegi Panjang Dengan PHP

Setelah nilai panjang dan lebar dimasukkan, sekarang silakan klik Hitung. Maka akan menampilkan hasil perhitungan keliling dan luas persegi panjang, seperti gambar dibawah ini :

Gambar Hasil Perhitungan Keliling dan Luas Persegi Panjang

Penjelasan Kode :

Pada baris nomor 3 sampai 7 terdapat kode HTML form, form tersebut memiliki atribut action=”persegi-panjang.php” yang berarti data dari form tersebut ketika di klik submit akan dikirim ke file persegi-panjang.php (file itu sendiri). Kemudian atribut method=”post” artinya form tersebut akan dikirim secara post.

Pada baris nomor 4 terdapat sebuah input bertipe text, input tersebut memiliki nama panjang. Yang fungsinya untuk memasukkan nilai dari panjang persegi panjang yang akan dihitung. Selanjutnya pada baris nomor 5 terdapat sebuah input text lagi, namun input text ini memiliki nama lebar. Tentunya digunakan untuk memasukkan nilai lebar dari persegi panjang. Dan pada baris nomor 6 terdapat sebuah input yang bertipe submit, maka input ini akan menampilkan sebuah tombol submit. Yang fungsinya ketika tombol ini diklik maka akan mengirim data pada form tersebut.

Kemudian pada baris nomor 10 sampai 20 terdapat kode PHP. Pada baris nomor 10 terdapat kode if(isset($_POST[‘submit’])) yang artinya ketika variabel $_POST[‘submit’] telah di set, dalam contoh ini tombol submit diklik, maka akan menjalankan kode yang ada didalam blok kode if tersebut. Pada baris nomor 11 terdapat kode $panjang = $_POST[‘panjang’]; berarti menyimpan data dari $_POST[‘panajang’] kedalam variabel $panjang. Data $_POST[‘panjang’] berasal dari input text yang bernama panjang (baris nomor 4). Kemudian pada baris nomor 12 intinya sama dengan baris nomor 11, namun data yang disimpan data lebar persegi panjang.

Pada baris nomor 14 terdapat kode $keliling = ($panjang * 2) + ($lebar * 2);, kode tersebut merupakan rumus untuk menghitung keliling persegi panjang di PHP. Dari kode tersebut akan menjalankan nilai variabel $panjang dikali 2, kemudian ditambah hasil dari perhitungan variabel $lebar dikali 2. Hasil dari semua perhitungan tersebut disimpan didalam variabel $keliling.

Pada baris nomor 15 terdapat kode $luas = $panjang * $lebar;, kode tersebut juga merupakan rumus untuk menghitung luas persegi panjang di PHP. Maksud dari kode tersebut menghitung luas persegi panjang dengan cara nilai dari variabel $panjang dikali dengan nilai $lebar, hasil dari perkalian tersebut disimpan kedalam variabel $luas. Kemudian pada baris nomor 17 – 19 terdapat kode PHP yang intinya untuk menampilkan tulisan string dan juga menampilkan nilai dari masing-masing variabel yang ada pada baris tersebut.

Saya kira cukup jelas untuk penjelasan tutorial menghitung keliling dan luas persegi panjang dengan PHP. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah. Serta apabila kamu baru mengunjungi website Cara Kode, jangan lupa kunjungi juga list seri tutorial PHP Dasar yang ada di website ini, yang mungkin bisa menambah wawasan kamu seputar bahasa pemrograman PHP.


Kolom Komentar

Related Post