Metode Array Pada JavaScript – Sort, Reverse, Pop, Push, Shift, dan Unshift

Metode Array Pada JavaScript - Sort, Reverse, Pop, Push, Shift, dan Unshift

Pada seri sebelumnya kita sudah menggunakan beberapa metode array seperti untuk menghitung jumlah data pada array, menggabungkan data array, hingga memotong dan menghapus array, kemudian pada seri ini kita akan belajar seputar metode array lebih banyak lagi. Metode array pada JavaScript yaitu operasi yang dapat dilakukan pada array di JavaScript. Maksudnya kita dapat melakukan operasi array misalnya seperti melakukan sortir, menambah, membalik data, dan lain sebagainya. Dan untuk penjelasannya ada disetiap poin dibawah ini.

Metode Sort – Mengurutkan Data Array Sesuai Abjad

Metode sort pada JavaScript digunakan untuk mengurutkan data atau isi array sesuai dengan abjad. Untuk cara menggunakannya dapat kamu lihat contoh kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas pada baris nomor 11 terdapat sebuah array yang bernama siswa. Kemudian pada baris nomor 12 array tersebut kemudian di sortir (diurukan sesuai abjad) dengan menggunakan metode short “siswa.sort()”. Contoh kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Kode Mengurutkan Data Array Sesuai Abjad

Metode Reverse – Membalik Data Array Dari Data Akhir

Dengan metode reverse kita dapat membalik data array dari data paling akhir. Caranya langsung saja lihat contoh kode dibawah :

Cara menggunakan metode reverse juga mirip dengan menggunakan metode sort, dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Kode Membalik Data Array Dari Data Akhir

Metode Pop – Menghapus Data Array Terakhir

Metode pop dapat digunakan untuk menghapus data terakhir, untuk menggunakan pop kamu cukup menggunakan perintah namaArray.pop(). Apabila kamu memasukkan baris kode tersebut kedalam variabel maka nama terakhir yang terhapus akan tersimpan pada variabel. Contohnya kamu dapat melihat kode dibawah ini :

Pada baris kode nomor 14 menghapus data array siswa terakhir, dan baris kode nomor 20 menghapus data array binatang terakhir kemudian data yang dihapus dimasukkan kedalam variabel hapusBinatang. Dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut.

Gambar Hasil Kode Menghapus Data Array Terakhir

Metode Push – Menambah Data Baru Pada Akhir Array

Metode push merupakan kebalikan dari pop, jika pop menghapus data pada array bagian terakhir, maka pop menambahkan data array pada bagian terakhir. Untuk cara menggunakannya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Dari kode diatas jika dibuka dalam browser :

Gambar Hasil Kode Menambah Data Baru Pada Akhir Array

Metode Shift – Menghapus Data Array Bagian Awal

Metode shift hampir mirip dengan metode pop, jika pop menghapus data bagian akhir maka shift menghapus data bagian awal. Contoh kodenya dapat kamu lihat dibawah ini :

Dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambah Hasil Kode Menghapus Data Array Bagian Awal

Metode Unshift – Menambah Data Array Bagian Awal

Metode unshift hampir mirip dengan metode push. Apabila push menambahkan data pada bagian terakhir namun metode unshift menambahkan data baru ke dalam awal array. Contoh kodenya seperti berikut :

Dari kode diatas jika dibuka menggunakan browser seperti berikut :

Gambah Hasil Kode Menambah Data Array Bagian Awal

Demikian untuk penjelasan beberapa metode array seperti yang sudah disebutkan diatas. Apabila kamu memiliki pertanyaan silakan sampaikan dikolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post