Metode String – Mengubah Huruf dan Mencari String Pada JavaScript

Metode String - Mengubah Huruf dan Mencari String Pada JavaScript

Pada seri sebelumnya kita sudah banyak membahas metode angka pada JavaScript. Dan pada seri ini kita akan belajar tentang metode string yang meliputi mengubah huruf dan sampai mencari string pada JavaScript yang ada di variabel. Metode yang akan kita pelajari yaitu sebagai berikut indexOf(), lastIndexOf(), search(), chartAt(), replace(), substring(), dan substr(). Untuk penjelasan dari masing-masing metode sebagai berikut :

  • indexOf() : untuk mencari text tertentu dalam satu string yang paling awal, nilai yang dihasilkan berupa angka dan dimulai dari nomor index 0.
  • lastIndexOf() : untuk mencari text tertentu dalam satu string yang paling akhir, nilai yang dihasilkan berupa angka (kebalikan dari indexof().
  • search() : untuk mencari tulisan atau kata tertentu, metode ini cocok digunakan untuk regex (regular expression), dan yang dihasilkan juga berupa angka.
  • chartAt() : ini merupakan kebalikan indexOf() yaitu mencari string berdasarkan nomor index, nilai yang dihasilkan yaitu berupa string.
  • replace() : untuk mengubah atau mengganti tulisan pada string.
  • substring() : untuk mencari kata tertentu berdasarkan nomor index, misalnya namaVar.substring(0, 8) berarti yang diambil nomor index 0 samapai 7.
  • substr() : untuk mencari kata tertentu berdasarkan nomor index, misalnya namaVar.substr(2, 10) berarti mengambil tulisan mulai nomor index 2 dan 10 karakter selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode berikut ini :

Dari contoh kode diatas jika dibuka pada browser akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Mengubah Huruf dan Mencari String di JavaScript

Pada contoh kode diatas sudah ada penjelasannya pada komentar di masing-masing metode. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri mengubah huruf dan mencari string pada JavaScript ini. Silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.


Kolom Komentar

Related Post