Operasi Matematika Pada Kotlin

Dalam bahasa pemrograman Kotlin terdapat operasi matematika. Operasi matematika ini tidak hanya terdapat di bahasa Kotlin saja, namun juga terdapat pada bahasa pemrograman lainnya. Dalam bahasa Kotlin untuk melakukan operasi matematika caranya sangat mudah, kita tinggal menggunakan beberapa operasi matematika seperti tambah, kurang, bagi, dan kali pada angka yang kita inginkan. Namun yang perlu diingat terdapat sedikit perbedaan dalam penulisan simbol operasi matematika pada Kotlin jika dibandingkan dengan operasi matematika pada pelajaran matematika, perbedaannya yaitu pada bagi dan kali. Pada bagi yang bisanya pada matematika ditulis dengan simbol (:) dan pada bahasa pemrograman Kotlin ditulis dengan simbol garis miring (/). Dan kali pada matematika ditulis dengan simbol (x) dan pada bahasa pemrograman Kotlin ditulis degan simbol bintang (*). Sedangkan untuk tambah dan kurang tetap sama yaitu ditulis dengan simbol + dan .

Operasi Matematika Pada Kotlin

Contoh Operasi Matematika Pada Kotlin

Supaya lebih paham langsung saja ke contoh kode operasi matematika pada Kotlin. Dan berikut adalah contoh kodenya:

Buatlah file Kotlin baru dengan nama Matematika.kt pada folder src dan tulis kode diatas pada file Matematika.kt yang baru saja kita buat. Setelah seluruh kode selesai ditulis selanjutnya silakan jalankan kode tersebut, maka akan mendapatkan hasil seperti contoh hambar dibawah ini:

Hasil Contoh Kode Operasi Matematika Pada Kotlin

Penjelasan Kode

Pada contoh kode diatas terdapat beberapa contoh operasi matematika. Dan berikut adalah penjelasannya:

  • Pada baris nomor 2 terdapat kode println(10 + 3) yang maksudnya yaitu kita langsung menampilkan (print) hasil dari penjumlahan dari 10 ditambah 3.
  • Pada baris nomor 4 dan 5 terdapat kode val nilaiA = 5 dan val nilaiB = 15, yaitu kita membuat variabel dengan nama nilaiA dengan nilai 5 dan nilaiB dengan nilai 15. Dari variabel inilah kita akan melakukan operasi matematika di baris selanjutnya.
  • Pada baris nomor 7 terdapat kode val hasil1 = nilaiA + nilaiB, maksud dari kode tersebut yaitu menjumlahkan nilai yang terdapat variabel nilaiA ditambah dengan nilai yang terdapat pada variabel nilaiB. Dan hasil dari penjumlahan tersebut disimpan ke dalam variabel nilai1.
  • Pada baris nomor 8 terdapat kode println(“Hasil $nilaiA + $nilaiB adalah $hasil1”), pada kode tersebut digunakan untuk menampilkan (print) sebuah tulisan “Hasil $nilaiA + $nilaiB adalah $hasil1”. Yang mana $nilaiA menampilkan nilai 5 (didapat dari baris nomor 4) dan $nilaiB menampilkan nilai 15 (didapat dari baris nomor 5),dan $hasil1 yaitu hasil dari operasi matematika yang terdapat pada baris nomor 7, yaitu yang menghasilkan nilai 20.
  • Untuk baris nomor 10, 13, dan 16 penjelasannya hampir sama dengan penjelasan pada baris nomor 7. Namun perbedaannya terdapat pada operasi matematika. Pada baris nomor 10 yaitu operasi pengurangan, baris nomor 13 dengan simbol bintang (*) yaitu operasi perkalian, dan pada baris nomor 16 dengan simbol garis miring (/) yaitu operasi pembagian.
  • Dan untuk baris nomor 11, 14, dan 17, penjelasannya juga sama dengan penjelasan pada baris nomor 8, yaitu menampilkan (print) nilai dari masing-masing variabel.

Demikian untuk penjelasan operasi matematika pada Kotlin, apabila kamu memiliki pertanyaan tentang penjelasan ini silakan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa kunjungi seri tutorial belajar Kotlin untuk melihat seluruh list penjelasan bahasa Kotlin untuk pemula.


Kolom Komentar

Related Post