Operator Perbandingan Dan Operator Logika Pada JavaScript

Operator Perbandingan Dan Operator Logika Pada JavaScript

Pada seri ini kita akan belajar mengenal operator perbandingan dan operator logika pada JavaScript. Kedua operator ini sangat penting kamu pahami, terutama jika kamu ingin menulis kode logika if else seperti seri sebelumnya. Untuk penjelasannya silakan baca pada masing-masing poin dibawah ini.

Operator Perbandingan Pada JavaScript

Operator perbandingan berfungsi untuk mengecek suatu nilai dengan nilai yang lainnya apakah memiliki nilai sama dengan (==), lebih besar (>), lebih besar sama dengan (>=), dan lain sebagainya. Misalnya apakah 10 < 8, 7 > 6, atau 8 < 8, Hasil dari perbandingan tersebut JavaScript akan menghasilkan type data boolean.

Untuk mengetahui hasilnya kamu perlu memahami tabel operator perbandingan pada JavaScript yang bawah ini

Gambar Tabel Operator Perbandingan Pada JavaScript

Sekarang silakan kamu lihat contoh kode JavaScript hasil dari operator perbandingan dibawah ini.

Dari contoh diatas mungkin kamu bertanya-tanya lalu apa bedanya tanda sama dengan dua dengan sama dengan tiga?, bedanya yaitu jika menggunakan sama dengan dua bila data yang dibandingkan memiliki nilai yang sama namun type datanya beda akan menghasilkan nilai true, namun apabila kamu menggunakan tanda sama dengan tiga maka hasilnya akan false. Tanda sama dengan tiga akan menghasilkan nilai true jika type data dan nilainya sama. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Selain membandingkan angka kamu juga bisa melakukan perbandingan string menggunakan operator perbandingan, contohnya seperti berikut :

Operator Logika Pada JavaScript

Operator logika dapat kamu gunakan apabila kamu ingin menguji dua buah perbandingan atau lebih. Nilai yang di hasilkan juga berupa boolean true dan false. Operator logika pada JavaScript memiliki 3 buah nama yaitu and, or, not. Yang rinciannya dapat kamu lihat pada tabel dibawah ini :

Gambar Tabel Operator Logika Pada JavaScript

Dari tabel diatas pada nomor 1 nama operator and akan bernilai true apabila semua syarat (yang diuji) bernilai true. Selanjutnya pada nomor 2 nama operator or akan bernilai true apabila salah satu syarat memiliki nilai true. Sedangkan pada nomor 3 nama operator not akan membalik syarat, jadi jika syarat yang diuji bernilai false akan menghasilkan nilai true, begitu juga bila syaratnya true maka akan bernilai false.

Supaya lebih mudah memahami silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Selain menggunakan dua syarat seperti diatas, operator logika juga bisa menggunakan lebih dari dua syarat. Namun yang perlu kamu ketahui kedudukan operator and (&&) lebih tinggi daripada operator or (||). Jadi apabila ada dua syarat seperti ini false || true && true maka JavaScript akan menjalankan yang ada operator and terlebih dahulu, misalnya seperti ini false || (true && true) dan akan menghasilkan nilai true. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini.

Namun pada prakteknya operator logika tidak langsung menggunakan type data boolean true false seperti contoh diatas. Tapi di isi data seperti operator perbandingan dan digabungkan dengan operator logika. Misalnya seperti ini :

Demikian untuk penjelasan seri operator perbandingan dan operator logika pada JavaScript, operator seperti ini sangat bermanfaat untuk membuat logika if else seperti seri yang sebelumnya. Dan apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini, silakan tanyakan dikolom komentar.


Kolom Komentar

Related Post