Pengertian Dan Cara Membuat Array Di JavaScript

Pengertian Dan Cara Membuat Array Di JavaScript

Array merupakan type data yang bisa berisi banyak data dan juga berbagai type data, misalnya seperti string, number, boolean, bahkan bisa berisi array lagi. Supaya lebih mudah kamu dapat menggambarkan array ini seperti sebuah kotak yang dapat menampung banyak data dan berbagai type data. Untuk menggunakan atau akses data tertentu pada array kamu bisa menggunakan nomor index. Nomor index pada array di JavaScript dimulai dari angka nol (0).

Cara Membuat Array di JavaScript

Untuk cara membuat array di JavaScript hampir sama seperti membuat variabel, yaitu menggunakan keyword var dan diikuti dengan nama variabel. Namun memiliki perbedaan yaitu saat setelah tanda sama dengan (=) menggunakan tanda kurung kotak buka dan tutup. Dan didalam kurung kotak tersebut bisa berisi lebih dari satu data, dan setiap data dipisahkan dengan tanda koma. Setelah itu jangan lupa diakhiri dengan titik koma.

Sekarang kita akan mencoba belajar membuat array yang paling mudah, disini kita membuat sebuah array dan langsung mengeluarkan semua data yang ada didalam array dengan ngeprint nama arraynya.

Dari contoh diatas array terdapat pada baris nomor 11, kemudian pada baris nomor 12 kita mengeluarkan semua data array yang secara langsung ngeprint nama arraynya. Maka dari contoh diatas akan mengeluarkan semua data array yang setiap datanya dipisahkan dengan tanda koma seperti gambar hasil dibawah ini :

Hasil Gambar Contoh Kode Array di JavaScript

Cara Akses Data Array Menggunakan Nomor Index

Untuk mengakses atau menggunakan data tertentu pada array kita dapat menggunakan nomor index. Nomor index array di JavaScript dimulai dari nomor index 0. Untuk cara mengaksesnya silakan lihat contoh kode dibawah ini.

Pada kode diatas pada baris nomor 14 menggunakan data array pada nomor index 0, yaitu data array pertama. Kemudian pada baris nomor 15 akses data array pada nomor index 2, yaitu data array ketiga. Dan pada baris nomor 16 akses data array pada nomor index 1, yaitu data array kedua. Dari contoh kode diatas maka akan tampil seperti gambar berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Akses Data Array Menggunakan Nomor Index

Membuat Array Dengan Type Data Berbeda

Sudah dijelaskan diatas bahwa array bisa menampung type data yang berbeda-beda misalnya string, number, boolean, dan lain-lain. Kemudian pada kedua poin diatas kita membuat array dengan menggunakan type data yang sama yaitu string. Sekarang kita akan mencoba membuat array yang didalamnya berisi type data yang berbeda misalnya string dan number. Untuk membuatnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Pada contoh kode diatas baris nomor 13 terdapat sebuah array yang menampung data bertype string dan number. Untuk menampung data number pada array tidak perlu menggunakan tanda kutip, karena jika menggunakan tanda kutip akan menjadi setring. Dan pada baris nomor 14 kita mengujinya dengan menjumlahkan data array pada nomor index 1 dan 2 yang memiliki type data angka. Dan pada baris nomor 17 akan menghasilkan angka 25. Dari contoh kode diatas jika ditampilkan pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Contoh Kode Array Dengan Type Data Berbeda

Cara Mengubah Data Atau Nilai Array

Dalam kasus tertentu mungkin kamu ingin mengganti atau mengubah nilai dari data array, untuk mengubahnya kamu cukup menuliskan nama array beserta nomor index yang ingin diubah kemudian tulis tanda sama dengan dan diikuti dengan value (nilai) baru.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh kode dibawah ini :

Dari contoh kode diatas pada baris nomor 15 yaitu mengganti nilai atau data array pada nomor index 3 yang awalnya “JavaScript” menjadi “Belajar JS”. Pada baris nomor 16 saat nilai array di print hasilnya sudah berubah. Dari contoh kode diatas jika ditampilkan pada browser maka akan tampil seperti berikut :

Gambar Hasil Kode Mengubah Data Atau Nilai Array JavaScript

Demikian untuk seri belajar tentang pengertian dan cara membuat array di JavaScript. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar seri ini silakan tanyakan dikolom komentar. Serta apabila kamu baru menemukan seri ini silakan kunjungi halaman seri belajar JavaScript dasar supaya kamu mengetahui list seri belajar JavaScript yang ada di Cara Kode secara berurutan yang mungkin dapat menambah wawasan kamu tentang JavaScript.


Kolom Komentar

Related Post